NURIZA, 3022013065 (2018) PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMA NEGERI 1 MANYAK PAYED. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
NURIZA.3022013065.BKI.2018.pdf Download (1899Kb) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada siswa, seperti rendahnya konsep diri merupakan tanggung jawab besar bagi guru bimbingan dan konseling disekolah dalam menyelesaikannya. Rendahnya konsep diri pada siswa dapat menghambat proses belajar siswa sehingga prestasi siswa menjadi menurun. Layanan dalam bimbingan dan konseling dapat menjadi salah satu alternatif dalam menyelesaikan rendahnya konsep diri disekolah, seperti layanan bimbingan klasikal. Dalam penelitian ini, menggunakan teori self oleh Rogers. Teori ini mengasumsikan bahwa konsep diri terbentuk melalui proses Asimilasi dan Introyeksi, yaitu proses pengalaman dan interaksi individu dengan lingkungan sekitar. Singkatnya pengalaman dan interaksi individu dengan orang lain dapat membentuk konsep diri individu. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep diri siswa di SMP negeri 5 langsa, bagaimana penerapan bimbingan klasikal dalam membentuk konsep diri siswa di SMP negeri 5 langsa, dan apa hambatan guru bimbingan dan konseling dalam menerapkan layanan bimbingan klasikal dalam membentuk konsep diri siswa di SMP negeri 5 langsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri siswa di SMP negeri 5 langsa, untuk mendeskripsikan penerapan bimbingan klasikal dalam membentuk konsep diri siswa di SMP negeri 5 langsa, dan untuk mengetahui hambatan guru bimbingan dan konseling dalam menerapkan layanan bimbingan klasikal dalam membentuk konsep diri siswa di SMP negeri 5 langsa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk mengetahui gambaran tentang objek dan informasi dan selanjutnya dideskripsikan kedalam uraian kalimatkalimat. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian dan pembahasan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan dalam konsep diri siswa yang dibentuk melalui layanan bimbingan klasikal di SMP negeri 5 langsa, akan tetapi dalam melaksanakan layanan masih terdapat hambatan, yaitu tidak disediakannya jam khusus untuk melakukan layanan membuat guru bimbingan dan konseling terhambat dalam melaksanakan layanan, sehingga layanan tidak berjalan secara optimal. Dalam pelaksanaannya layanan bimbingan klasikal memberikan penyelesaian tentang masalah konsep diri siswa yang rendah, seperti rendahnya rasa percaya diri dan sifat pesimis pada siswa dengan memberikan materi dengan metode ceramah dan diskusi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | PEMBIMBING I : Dr. Sulaiman Ismail, MA PEMBIMBING II: Sabrina M.Ilyas, M.Ed |
Uncontrolled Keywords: | KONSEP DIRI SISWA |
Subjects: | Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa Pendidikan > Siswa > Perilaku Siswa |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 14 Nov 2018 03:48 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 03:53 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1373 |
Actions (login required)
View Item |