EFEKTIIVTAS PENGGUNAAN PAPAN MAGNETIK UNUTK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MTSS GEUDUBANG ACEH LANGSA

SITI RAHMAH, 1032013157 (2018) EFEKTIIVTAS PENGGUNAAN PAPAN MAGNETIK UNUTK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MTSS GEUDUBANG ACEH LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
ok.pdf

Download (2571Kb) | Preview

Abstract

Salah satu faktor dari dalam diri siswa yang memiliki peranan penting dalam menunjang kesuksesan belajar matematika adalah hasil belajar. Namun pada kenyataannya siswa masih cenderung kesulitan dalam memahami konsep dan memecahkan permasalahan soal matematika. Media berpotensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar. Dalam hal ini papan magnetik merupakan salah satu media yang diharapkan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitan dengan menerapkan media papan magnetik pada materi bangun datar segi-empat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTsS Geudubang Aceh Langsa. penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah media papan magnetik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segi-empat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan One Group Pretes-Postes Design dengan populasinya seluruh siswa kelas VII MTsS Geudubang Aceh Langsa terdiri dari 4 kelas dan sampel penelitian diambil adalah kelas VII-2 secara random sampling sebagai objek penelitian yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian terstruktur yang terdiri dari 5 butir soal yang telah di validasi dan diuji coba kepada siswa kelas VIII. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh = 1,72 dan =1,70 pada taraf signifikan = 0,05, sehingga dapat diperoleh ≥ yaitu 1,72>1,70 dan dinyatakan di tolak dan di terima. Artinya rata-rata hasil belajar pada kelas VII dengan menggunakan papan magnetik mencapai KKM individual dan dari 26 siswa yang mengikuti tes, siswa yang tuntas berjumlah 19 orang. Dengan demikian papan magnetik efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nuraida, M.Pd Pembimbing II : M.Zaiyar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PAPAN MAGNETIK, HASIL BELAJAR
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 14 Nov 2018 04:03
Last Modified: 14 Nov 2018 04:03
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item