MEGA NANDA PUTRI , 1032013107 (2018) KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 KARANG BARU. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
MEGA NANDA PUTRI.1032013107.PMA.2017.pdf Download (2151Kb) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) berkontribusi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMPN 2 Karang Baru dan untuk mengetahui bagaimanakah aktifitas siswa dalam menggunakan model pembelajaran SSCS di SMP Negeri 2 Karang Baru. Model pembelajaran SSCS adalah model pembelajaran yang sederhana dan praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran karena dapat melibatkan siswa secara aktif dalam setiap tahap-tahapnya. Tahaptahap dari Model SSCS meliputi Search yang bertujuan untuk mengidentifikasi masalah, Solve yang bertujuan untuk merencanakan penyelesaian masalah, Create yang bertujuan untuk melaksanakan penyelesaian masalah dan Share yang bertujuan untuk mensosialisasikan penyelesaian masalah. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian ekperimen, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karang Baru tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat kontribusi model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 2 Karang Baru. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan rata-rata hasil posttest dibandingkan rata-rata hasil pretest. Dan terlihat dari perolehan nilai thitung yaitu yang lebih besar dari nilai ttabel yaitu dan hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model SSCS aktivitas siswa juga termasud ke dalam kategori “baik” yaitu diperoleh skor persentase rata-rata aktivitas siswa dari dua orang pengamat yaitu 83,34%
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Marzuki, M.Pd Pembimbing II: M.Zaiyar, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE(SSCS) |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 03:52 |
Last Modified: | 16 Nov 2018 03:52 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1364 |
Actions (login required)
View Item |