NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERDAPAT DALAM PELAKSANAAN WALIMATUL ‘URS DI KECAMATAN LANGSA BARO

AFRIATI RIZKY , 1012013032 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERDAPAT DALAM PELAKSANAAN WALIMATUL ‘URS DI KECAMATAN LANGSA BARO. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Walimatul ‘Urs meskipun bukan merupakan syarat sahnya pernikahan, namun merupakan hal yang amat penting atau sunnah menurut jumhur ulama. Dilihat dari konsep nilai-nilai pendidikan dalam budaya Walimatul ‘Urs di kehidupan masyarakat, berarti antara masyarakat dengan nilai-nilai pendidikan memiliki peranan yang saling berkaitan. Apalagi pada zaman sekarang ini, sudah banyak adat atau kebiasaan yang masuk ke daerahdaerah yang tidak sesuai syari’at. Jadi setiap orang di tuntut untuk mampu membedakan baik buruknya setiap adat dan hal yang terjadi dalam kegiatannya serta perlu menyadari akan peranan dan nilai-nilai pendidikan Islam. Oleh sebab itu setiap individu bercita-cita dan aktif berpartisipasi untuk membina serta mengembangkan nilai-nilai pendidikan dan adat masing-masing sesuai dengan syariat Islam. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah proses pelaksanaan Walimatul ‘Urs di Kecamatan Langsa Baro dan juga bagaimana nilai-nilai pendidikan Islami yang terdapat dalam pelaksanaan Walimatul ‘Urs di Kecamatan Langsa Baro. Tujuan Penelitian dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan Walimatul ‘Urs di Kecamatan Langsa Baro dan juga untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islami yang terdapat dalam pelaksanaan Walimatul ‘Urs di Kecamatan Langsa Baro. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis kualitatif. Metode kualitatif juga sering disebut dengan metode naturalistic, karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Metode ini juga disebut dengan penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan untuk memahami fenomena sosial dan sudut pandang pelakunya. Penelitian kualitatif juga digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah yang terjadi dilapangan. Obyek yang alamiah adalah obyek yang berkembang apa adanya. Lapangan yang dimaksud dalam penelitian ini ialah desa-desa di Kecamatan Langsa Baro. Penelitian kualitatif ditunjukkan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut atau perspektif (orang yang diajak wawancara, diobservasi, diminta memberikan data, pendapat, pemikiran dan persepsinya) yang terjadi pada kondisi tertentu dilapangan. Sempel dari populasi yang dijadikan objek penelitian penyusun mengambil data dan informasi dari 5 desa di Kecamatan Langsa Baro. Dari hasil penelitian di temukan adanya nilai-nilai pendidikan Islam dalam pelaksanaan Walimatul ‘Urs yaitu nilai pendidikan syariah, pendidikan akhlak, dan pendidikan ibadah. Mayoritas penduduk Kecamatan Langsa Baro beragama Islam jadi diharapkan masyarakat mampu mengambil pengajaran dari setiap adat dan kebudayaan yang dilaksanakan, agar tidak melanggar syariat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Basri Ibrahim, M.Pd Pembimbing II: Fakrurrazi, MA
Uncontrolled Keywords: NILAI PENDIDIKAN ISLAM
Subjects: Hukum Islam > Munakahat
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Sep 2018 03:41
Last Modified: 10 Sep 2018 03:41
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item View Item