DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DAN SOLUSINYA DENGAN PEMBELAJARAN REMEDIAL DI MTsN TAMIANG HULU

TRI WAHYUNI , 1032011196 (2017) DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DAN SOLUSINYA DENGAN PEMBELAJARAN REMEDIAL DI MTsN TAMIANG HULU. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
TRI WAHYUNI.1032011196.PMA.2017.pdf

Download (2717Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimana letak kesulitan dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika, kemudian menentukan langkah remedial guna membantu siswa mengatasi kesulitan belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Tamiang Hulu, yaitu sebanyak 45 orang yang diduga kesulitan pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan melihat hasil tes yang dikatakan belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tes yang telah dinyatakan valid dan realiabel yang digunakan untuk mengetahui kesulitan siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Dan angket respon siswa digunakan untuk memperoleh data siswa yang mengalami kesulitan pada pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar matematika yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mazlan, M.Si Pembimbing II: M Zaiyar, M.pd
Uncontrolled Keywords: KESULITAN BELAJAR,REMEDIAL
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 15 Aug 2018 03:45
Last Modified: 15 Aug 2018 03:45
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item