KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING TERHADAP LOCUS CONTROL SISWA KELAS VII MTsN TAMIANG HULU

DIANA AYU PRADITA , 1032011241 (2016) KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING TERHADAP LOCUS CONTROL SISWA KELAS VII MTsN TAMIANG HULU. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
DIANA AYU PRADITA.1032011241.PMA.2016.pdf

Download (402Kb) | Preview

Abstract

Locus control atau locus pengendalian adalah tingkat kemampuan seseorang untuk mengendalikan berbagai peristiwa, kejadian, nasib dan keberuntungan yang terjadi pada dirinya. Keberhasilan siswa dalam belajar matematika tidak terlepas dari pengaruh locus control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran paired story telling memberikan kontribusi yang positif terhadap locus control siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTsN Tamiang Hulu. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran paired story telling memberikan kontribusi yang positif terhadap locus control siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTsN Tamiang Hulu dan seberapa besar kontribusinya?, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis korelasional. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Tamiang Hulu sebanyak 120 orang yang terdiri dari 4 kelas, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIIA dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dan instrument yang digunakan yaitu berupa angket yang kemudian dianalisis. Berdasarkan data yang telah dianalisis bahwa model pembelajaran paired story telling memberikan kontribusi (sumbangan) terhadap locus control siswa yaitu sebesar17,64%,yang berarti bahwa kontribusi (sumbangan) model pembelajaran paired story telling terhadap locus control siswa hanya sebesar 17,64% selebihnya 82,36 % berasal dari faktor lainnya. Selanjutnya dari hasil yang diperoleh rata-rata locus control siswa di MTsN Tamiang Hulu sebesar 71,5 sedangkan rata-rata respon siswa terhadap model pembelajaran paired story telling sebesar 68,5. Sehingga rata-rata tingkat locus control siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran paired story telling berada pada katagori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis berkesimpulan bahwa model pembelajaran paired story telling memberikan kontribusi (sumbangan) yang positif terhadap locus control siswa dalam pembelajaran matematika tahun ajaran 2015-2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Jelita, M.Pd Pembimbing II: Sri Muliati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING, LOCUS CONTROL
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:32
Last Modified: 07 Aug 2018 02:32
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item