KHAIRUNNISA , 1012011100 (2016) PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MUQ LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
SKRIPSI KHAIRUNNISA.1012011100.pai.2018.pdf Download (3892Kb) | Preview |
Abstract
Dewasa ini, minat belajar siswa menjadi ukuran bagi keberhasilan belajar yang telah ditempuh oleh siswa. Tingkat keberhasilan siswa dapat ditinjau dari seberapa tinggi minat siswa tersebut dalam proses pembelajaran. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan menimbulkan kesulitan belajar bagi siswa jika tidak mencukupi pemenuhannya dan pada akhirnya dapat menghambat dan mempengaruhi minat belajar. Bila ditinjau dari luar diri siswa (faktor ekstern) terdapat beberapa faktor yang secara garis besar dapat mempengaruhi minat belajar. Faktor tersebut salah satunya yaitu fasilitas sekolah yang juga merupakan variabel dalam penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh fasilitas sekolah terhadap minat belajar di kelas VIII MTs Ulumul Qur’an Langsa. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dilakukan antara dua variabel atau lebih untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada, seberapa berat hubungannya serta berpengaruh atau tidak hubungan itu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan kuesioner atau angket. Observasi digunakan untuk mengetahui keadaan lingkungan sekolah, dokumentasi digunakan untuk mengetahui ketersediaan fasilitas yang ada di sekolah dan kuesioner atau angket digunakan untuk mengetahui ketersediaan fasilitas dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment dan koefesien deterrminasi. Hasil dari korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara ketersediaan fasilitas sekolah terhadap minat belajar siswa di MTs Ulumul Qur’an Kab. Kota Langsa hal tersebut ditunjukkan dengan taraf signifikan 5% diperoleh rhitung = 0,612 > rtabel = 0,349, dan hasil yang diperoleh dari koefesien determinasinya sebesar 38%. Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa dipengaruhi oleh ketersediaan fasilitas sekolah sebesar 38% sedangkan 62% lagi ditentukan oleh faktor lain. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan, gambaran, serta informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Mahyiddin, MA Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA |
Uncontrolled Keywords: | FASILITAS SEKOLAH, MINAT BELAJAR SISWA |
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 03:22 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 03:22 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1313 |
Actions (login required)
View Item |