PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KLINOMETER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 3 LANGSA

MUDDHAR TRY FHATA, 1032013014 (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KLINOMETER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 3 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Muddhar.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam materi Trigonometri dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan Klinometer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Desain Randomized Control Group Pretest-Postest dengan populasinya seluruh siswa dikelas X IPA SMA Negeri 3 Langsa pada tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar siswa berbentuk uraian terdiri dari 5 butir soal yang telah divalidasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 4,24 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung ≥ ttabel maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan Klinometer di SMA Negeri 3 Langsa. Respon siswa terhadap penggunaan Klinometer melalui model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi Trigonometri, siswa mengatakan bahwa mereka senang mengikuti pembelajaran dengan bantuan Klinometer sehingga lebih mudah memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II: Fitriani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PBL ( PROBLEM BASED LEARNING), KLINOMETER, HASIL BELAJAR
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 20 Jul 2018 03:12
Last Modified: 20 Jul 2018 03:12
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item