PENERAPAN METODE LEARNING START WTH A QAESTION (LSQ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X FARMASI DI SMK NEGEGERI TAMAN TAJAR PEUREULAK

AYU FADHILA , 1012012017 (2017) PENERAPAN METODE LEARNING START WTH A QAESTION (LSQ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X FARMASI DI SMK NEGEGERI TAMAN TAJAR PEUREULAK. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
AYU FADHILA,1012012017.PAI.2018-A.pdf

Download (820Kb) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang mungkin menyebabkan rendahnya kemampuan Pendidikan Agama Islam siswa. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari dalam atau dari luar diri siswa. Faktor dari dalam diri siswa dapat berupa motivasi, kemampuan intelektual siswa, minat, bakat, dan sebagainya. Faktor dari luar, prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, keluarga, guru, teman, alat belajar, model, metode dan sebagainya. Metode Learning Start With a Question (LSQ) adalah suatu strategi pembelajaran aktif dalam bertanya. Agar siswa aktif dalam bertanya, maka siswa diminta untuk mempelajari materi yang akan dipelajarinya, yaitu dengan membaca terlebih dahulu.. Untuk mengetahui secara konkrit beberapa hal tersebut, maka peneliti akan mengkaji dengan satu penelitian berjudul: “Penerapan Metode Learning Start With A Question (LSQ) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X Farmasi di SMK Negeri Taman Fajar Peureulak”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode Learning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X Farmasi di SMK Negeri Taman Fajar Peureulak, untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Learning Start With A Question (LSQ) pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X Farmasi di SMK Negeri Taman Fajar Peureulak. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu bersifat deskriptif dan tanpa menggunakan analisis statistik. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X Farmasi SMK Negeri Taman Fajar Peureulak yang terdiri dari 34 siswa. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X Farmasi SMK Negeri Taman Fajar Peureulak yang terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrument yang digunakan berupa Lembar observasi yang digunakan sebanyak 2 lembar, yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari hasil analisis, ternyata aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan metode LSQ juga terus mengalami peningkatan. Hal ini terlihat bahwa, aktivitas siswa selama pembelajaran pada siklus I sudah termasuk kategori baik dengan skor persentase rata-rata dari pengamat I dan pengamat II sebesar 84,37 %. Walaupun sudah termasuk kategori baik, namun tetap saja masih ada kegiatankegiatan siswa yang tidak relevan dalam pembelajaran dan antusias siswa masih kurang dalam membuat pertanyaan dan menjawab soal, hal tersebut disebabkan karena masih ada siswa yang bingung dengan tugasnya. Setelah dilanjutkan dengan siklus II aktivitas siswa sudah lebih baik dari siklus sebelumnya hal tersebut ditandai dengan antusias siswa yang terus meningkat dalam membuat pertanyaan dan menjawab soal dengan skor persentase rata-rata dari pengamat I dan pengamat II sebesar 91,66 % dengan kategori sangat baik. Ini merupakan hasil yang baik, maka dapat dibuktikan bahwa melalui metode LSQ juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran di SMK Negeri Taman Fajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Muhaini, MA Pembimbing II: Lathifah Hanum, MA
Uncontrolled Keywords: METODE LEARNING START WTH A QAESTION (LSQ)
Subjects: Pendidikan > Metode Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 13 Jul 2018 03:34
Last Modified: 13 Jul 2018 03:34
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item