PERAN GURU PAI DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 4 LANGSA

ILFA HAJIANI , 1012012184 (2017) PERAN GURU PAI DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 4 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ILFA HAJIANI - OK.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstract

Peran guru adalah seperangkat tingkah laku atau tindakan yang dimiliki seseorang dalam memberikan ilmu pengetahuan agama Islam kepada anak didiknya di sekolah ataupun di madrasah. Pendidikan adalah proses secara sadar dalam membentuk anak didik untuk mencapai perkembangannya menuju kedewasaan jasmani maupun rohani, dan proses ini merupakan usaha pendidik membimbing anak didik dalam arti khusus misalnya memberikan dorongan atau motivasi dan mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa. Kejenuhan belajar ialah rentang waktu tertentu yang digunakan untuk belajar, tetapi tidak mendatangkan hasil. Seorang siswa yang mengalami kejenuhan belajar merasa seakan-akan pengetahuan dan kecakapan yang diperoleh dari belajar tidak ada kemajuannya. Namun, penyebab kejenuhan yang paling umum adalah keletihan yang melanda siswa, karena keletihan dapat menjadi penyebab munculnya perasaan bosan pada siswa yang bersangkutan. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan 1) Untuk mengetahui penyebab kejenuhan belajar siswa yang terjadi pada siswa di SMA Muhammadiyah 4 Langsa, 2) untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa SMA Muhammadiyah 4 Langsa, 3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar di SMA Muhammadiyah 4 Langsa. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitiannya ialah guru PAI dan siswa kelas XI- IPA. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa adalah pertama dengan mengganti pola pembelajaran, kedua metode pembelajaran yang bervariasi. 2) Penyebab kejenuhan belajar siswa di pengaruhi oleh tiga faktor pertama faktor guru, kedua faktor buku/ materi, ketiga faktor siswa. 3) kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa ialah perangkat pembelajaran yang minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mulyadi, MA Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA
Uncontrolled Keywords: PERAN GURU, KEJENUHAN
Subjects: Pendidikan > Pengajar/Guru
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 25 May 2018 03:14
Last Modified: 25 May 2018 03:14
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item