PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MTsN TAMIANG HULU

ERLIANA, 1032013124 (2017) PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MTsN TAMIANG HULU. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
ERLINA.1032013124.PMA.2017.pdf

Download (999Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi konflik kognitif terhadap pemahaman konsep matematis siswa di MTsN Tamiang Hulu. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitiannya yaitu One Group Pretest-posttest Design. Penelitian ini dilakukan di MTsN Tamiang Hulu pada semester ganjil tahun ajaran 2007/2018. Alasan peneliti melakukan penelitian di sekolah tersebut dikarenakan pada observasi awal diketahui bahwa masih rendahnya pemahaman konsep matematis siswa, sehingga perlu adanya tindakan yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa tersebut. Untuk itu peneliti mencoba menggunakan strategi konflik kognitif dalam proses pembelajaran. Strategi konflik kognitif adalah strategi pembelajaran dimana dalam proses belajar mengajar seorang guru dengan sengaja menciptakan konflik yaitu adanya ketidakcocokan antara pengetahuan awal siswa dengan informasi baru yang ia dapatkan sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam struktur kognitifnya yang kemudian dengan penyelesaian konflik tersebut dengan bantuan teman dan guru akan dibentuk informasi baru yaitu berupa konsep yang lebih tepat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk uraian yang berjumlah 6 soal. Populasi yang digunakan ialah seluruh siswa kelas IX di MTsN Tamiang Hulu yang berjumlah 125 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah simple random sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara acak, sehingga diperoleh kelas IX-A sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t satu sampel. Sebelum dilakukan uji-t maka dilakukan uji prasyarat analisis data terlebih dahulu yaitu uji normalitas. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai =3,106dan = 1,69pada taraf signifikansiα=0,05dandk=n−1, dan ini berarti > , sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa diterima dan ditolak, artinya terdapat pengaruh strategi konflik kognitif terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas IX di MTsN Tamiang Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Nurmawati, M.Pd Pembimbing II: Iqbal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA, STRATEGI KONFLIK KOGNITIF
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 24 May 2018 03:31
Last Modified: 24 May 2018 03:31
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item