UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAJARAN AGAMA DI MTsS GEUDUBANG ACEH

DEDEK WULANDARI , 1012012172 (2017) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAJARAN AGAMA DI MTsS GEUDUBANG ACEH. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Final.pdf

Download (468Kb) | Preview

Abstract

Peran kepala madrasah adalah sebagai bapak sekaligus ibu bagi semua guru yang bertugas di madrasah tersebut. Hal ini memberikan konsekuensi logis bahwa seorang kepala madrasah haruslah mempunyai tingkat kemampuan lebih sehingga dapat mengontribusi segala kebutuhan guru-guru yang bersifat psikis dan bahkan terkadang bersifat fisik. Kondisi ini memaksa kepala madrasah untuk dapat memosisikan diri sebagaimana yang diinginkan anak buahnya. Kepemimpinan kepala madrasah yang efektif akan dapat bekerja sesuai dengan konteksnya, yaitu mampu memberikan visi, menciptakan gambaran yang besar, menetapkan tujuan yang jelas dan disetujui bersama, serta memonitor dan menganalisis prestasi serta mampu mengembangkan prestasi para pengikut, yaitu dengan memberikan pengarahan dan panduan, melatih dan membimbing serta memberikan umpan balik. Kualitas seorang pemimpin sangat menentukan keberhasilan lembaga yang dipimpinnya, termasuk di dalamnya lembaga pendidikan. Sebab kepemimpinan yang sukses itu mampu mengelola lembaga yang dipimpin, mampu mengantisipasi perubahan, mampu mengoreksi kekurangan dan kelemahan serta sanggup membawa lembaga yang dipimpin pada tujuan yang ditetapkan. Sehubungan dengan itu pemimpin merupakan kunci sukses bagi organisasi Penelitian ini ditempuh bertujuan untuk mengetahui upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pelajaran agama di MTsS Geudubang Aceh, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pelajaran agama di MTsS Geudubang Aceh Penelitian ini ditempuh dengan menggunakan metode field research (penelitian lapangan). Sementara teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara serta observasi di MTsS Geudubang Aceh. Hasil dari penelitian ini dapat penulis uraikan bahwa; upaya kepala madrasah MTsS Geudubang Aceh dalam meningkatkan kualitas pelajaran agama adalah dengan cara meningkatkan semangat kerja, terjalin komunikasi yang efektif, semangat mengembangkan mutu pendidikan, suasana kerja yang menyenangkan dan perkembangan mutu professional para guru. Kepala madrasah ikut serta mengawasi guru dalam memilih metode pendidikan yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Pembinaan terhadap guru juga merupakan salah satu upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pelajaran agama di MTsS Geudubang Aceh, karena dengan kualitas guru yang baik maka diharapkan dapat meningkatkan mutu pelajaran agama. Hambatan yang dihadapi oleh kepala madrasah MTsS Geudubang Aceh dalam meningkatkan kualitas pelajaran agama sangat beragam salah satunya pemilihan metode pendidikan yang belum begitu tepat oleh guru pelajaran agama. Pembinaan pelajaran agama Islam sifatnya rutinitas dan seharusnya dikerjakan sehari-hari, namun seringkali pembinaan pelajaran agama tidak dilakukan sebagaimana mestinya. Keterbatasan sarana dan prasarana juga merupakan hambatan yang yang sangat dirasakan, kualitas guru yang baik masih dirasakan sangat kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. H.M. Yunus Ibrahim, M.Pd, Pembimbing II: Hamdani, MA
Uncontrolled Keywords: KUALITAS PENDIDIKAN
Subjects: Pendidikan > Metode Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Apr 2018 03:22
Last Modified: 27 Apr 2018 03:22
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item View Item