SUWAIBATUL ASLAMIAH , 1012011164 (2017) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER GENERASI MUDA (ANALISIS TERHADAP RIWAYAT NABI YUSUF A.S). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
SUWAIBATUL ASLAMIAH.1012011164.PAI.2016.pdf Download (2296Kb) | Preview |
Abstract
Kisah Nabi Yusuf AS merupakan kisah yang paling baik bagi Rasulullah SAW, karena di dalamnya mengandung ‘ibrah (pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal) dan identik dengan nilai-nilai kehidupan manusia dalam mengarungi fase remaja dan dewasa. Disinilah letak urgensi pendidikan spiritual dalam menghadapi cobaan dan rintangan hidup, sebagai landasan arah untuk mencapai hasil yang optimal. Saat ini manusia memasuki kehidupan modern dan arus globalisasi, yang ditandai dengan kehidupan serba teknikal dan profesional dengan mengabaikan dimensi moral dan agama, dengan maraknya fenomena prilaku amoral berupa seks pra-nikah, video porno, penyalahan narkotika, minuman keras, tawuran, penghinaan terhadap guru, dan masih banyak lainnya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: nilai-nilai pendidikan spiritual apa saja yang terkandung dalam riwayat Nabi Yusuf AS dan bagaimana menanamkan nilai-nilai pendidikan spiritual dalam membentuk karakter generasi muda melalui kisah Nabi Yusuf AS. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan spiritual dalam riwayat Nabi Yusuf AS dalam membentuk karakter generasi muda di dunia pendidikan. Sehingga dapat memberikan sumbangan pengetahuan dan wawasan tentang riwayat Nabi Yusuf AS terutama mengenai nilai-nilai pendidikan spiritual dalam membentuk karakter generasi muda, serta relevansi dalam pendidikan Nasional. Dan diharapkan dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan dalam khazanah keilmuan dan budaya intelektual untuk membentuk karakter generasi muda di era globalisasi saat ini. Untuk menjawab dua pertanyaan dalam rumusan masalah, penulis menggunakan metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif-analitis, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptitif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari sumber primer dan sekunder melalui analisis yang interpretatif. Adapun langkah-langkah yang ditempuh selama penelitian adalah pengumpulan data, setelah data terkumpul, kemudian dideskripsikan serta dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif-analitis. Berdasarkan kajian yang dilakukan, maka hasil penelitian ini adalah unsur-unsur pendidikan spiritual yang terdapat dalam riwayat Nabi Yusuf AS adalah nilai aqidah, akhlak, istiqamah dan ukhwah. Sedangkang unsur-unsur pendidikan spritual yang terkandung dalam riwayat Nabi Yusuf AS dalam membentuk karakter generasi muda adalah dalam pembentukan karakter generasi muda diawali dengan nilai aqidah agar segala perbuatan yang dilakukan bertujuan ibadah. Selanjutnya nilai akhlak seperti sikap sabar, rendah hati, sopansantun dan berbudi luhur, agar terhindar dari perbuatan sesat yang dapat merusak jiwa seperti tawuran, narkoba, seks bebas dan situs-situs porno di dunia internetisasi. Begitu juga dengan nilai istiqamah agar melihat perbedaan dengan arif, tidak mudah saling menyalahkan, apalagi saling mengkafirkan untuk menghindari dari permusuhan umat manusia. Dan yang terakhir nilai ukhwah dengan menerapkan sikap lemah-lembut, tidak sombong dan penuh rasa kasihsayang, dan juga nilai ukhwah dalam menciptakan wihdah (persatuan), quwwah (kekuatan) dan mahabbah (cinta dan kasih-sayang).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Mukhlis, Lc, M.Pd.I Pembimbing II: Hamdani, MA |
Uncontrolled Keywords: | NILAI PENDIDIKAN, SEJARAH ISLAM, NABI YUSUF |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 18 Apr 2018 07:59 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 07:59 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1266 |
Actions (login required)
View Item |