JUHAN MASHURI , 1032013042 (2018) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X MAN 1 MANYAK PAYED. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (1405Kb) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui miskonsepsi apa saja yang dialami siswa pada pembelajaran matematika di kelas X MAN 1 Manyak Payed dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadi miskonsepsi pada pembelajaran matematika di kelas X MAN 1 Manyak Payed. Miskonsepsi adalah pemahaman yang tidak benar secara ilmiah atau disebut juga ketidak sesuaian konsep yang dimiliki oleh siswa dengan konsep para ahli. Miskonsepsi juga merupakan suatu konsep yang tidak akurat dengan konsep yang sebenarnya. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara peneliti dengan guru matematika yang mengampu kelas X di MAN 1 Manyak Payed diperoleh informasi bahwa sering terjadi miskonsepsi atau kesalah pahaman siswa pada pembelajaran matematika. Penyebab miskonsepsi pada siswa kelas X di MAN 1 Manyak Payed teridentifikasi dari buku-buku pelajaran yang mereka pelajari. Kesalahan yng signifikan dalam menjelaskan konsep tertentu melalui buku pelajaran mengakibatkan miskonsepsi siswa. Metode penelitian pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan tanpa menggunakan analisis statistik. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Manyak Payed tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan Objekl dalam penelitian ini dipilih berdasarkan referensi dari guru matematika yang mengajar kelas X di MAN 1 Manyak Payed. Kelas yang dipilih adalah kelas X IIS, dikarenakan kelas X IIS tersebut diidentifikasi sering terjadi penurunan nilai lebih rendah dari kelas yang lain. Instrumen yang diperlukan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi, penyajian data, menarik kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian diketahui bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada konsep SPLDV, saat memaknai soal SPLDV untuk menentukan model matematika yang digunakan, saat mengeliminasi suatu variabel, siswa sering keliru dalam menyamakan koefisien suatu variabel agar dapat di eliminasi dan miskonsepsi dalam mengaitkan metode eliminasi dengan substitusi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Iqbal Ibrahim, M.Pd Pembimbing II: Fitriani, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | MISKONSEPSI, PEMBELAJARAN MATEMATIKA |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 11 Apr 2018 03:15 |
Last Modified: | 11 Apr 2018 03:15 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1250 |
Actions (login required)
View Item |