ARIS MUNANDA, 3022013123 (2018) STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMAN 2 PERCONTOHAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
SKRIPSI ARIS MUNANDA.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstract
Kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah mempunyai kedudukan yang sangat penting karena tidak hanya bertujuan membuat siswa menjadi pintar dan cerdas saja, akan tetapi dengan adanya bimbingan dan konseling disekolah diharapkan siswa juga mampu mengembangkan potensi, bakat, minat, emosional, serta siswa dapat berprilaku (berakhlak) yang terpuji (karimah) yang sesuai dengan norma-norma dan kaidah yang berlaku dalam ajaran agama Islam. Sehingga perlunya strategi yang tepat yang harus dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah agar dapat membina prilaku atau sikap siswa khususnya melalui bimbingan dan arahan yang diberikan secara terus-menerus kepada siswa. Dari latar belakang masalah tersebut, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru bimbingan konseling dalam membina akhlakul karimah siswa di SMAN 2 Percontohan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang? bagaimana hasil yang di capai dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMAN 2 Percontohan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang? apa saja faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan dan konseling dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMAN 2 Percontohan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi saling bekerja sama dengan semua pihak yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling serta melakukan layanan dasar, layanan responsif serta perencanaan individual dalam bimbingan dan konseling. Hasil yang di capai dalam pembinaan akhlakul karimah sangat baik hal itu di buktikan dari perubahan prilaku dan tidak adanya lagi pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Faktor pendukung dalam membina akhlakul karimah siswa adalah kesadaran dari siswa dan kerjasama semua guru dan orang tua, dan sebaliknya faktor penghambat pembinaan akhlakul karimah siswa adalah sarana prasarana dan media sosial yang sangat mempengaruhi prilaku dan sikap dari siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. H. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II: Masdalifah Sembiring, MA |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI GURU, AKHLAK SISWA |
Subjects: | Hukum Islam > Akhlak Pendidikan > Pengajar/Guru |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 02:31 |
Last Modified: | 10 Apr 2018 02:31 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1242 |
Actions (login required)
View Item |