METODE ARTIKULASI DAN PENERAPANNYA PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI DAYAH DARU HUDA LANGSA

ARIF FADILLAH, 10220122061 (2017) METODE ARTIKULASI DAN PENERAPANNYA PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI DAYAH DARU HUDA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
ARIF FADILLAH.121100631.PBA.2017.pdf

Download (1034Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini menyajikan tentang Metode Artikulasi dan Penerapannya dalam proses pembelajaran bahasa Arab pada siswa/i kelas VIII MTsS Darul Huda Langsa. Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah : Bagaimana persiapan pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode Artikulasi di Dayah Darul Huda. Bagaimana proses pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode Artikulasi di Dayah Darul Huda. Penelitian ini menggunakan Metode Analisis Deskriptif, subjek penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VIII MTsS Darul Huda Langsa. Penerapan metode Artikulasi dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VIII Putra dan Kelas VIII Putri dianalisa berdasarkan persiapan dan proses pembelajaran kemudian mendeskripsikan hasil-hasil pembelajaran keduanya berdasarkan nilai yang diperoleh oleh masing-masing kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Persiapan Pembelajaran Bahasa Arab menggunakan Metode Artikulasi pada siswa/I kelas VIII Putra dan Putri di Dayah Darul Huda Langsa . Untuk mengetahui Proses Pembelajaran Bahasa Arab menggunakan Metode Artikulasi pada siswa/I kelas VIII Putra dan Putri di Dayah Darul Huda Langsa. Berdasarkan hasil penelitian, tentang Persiapan Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Metode Artikulasi di Dayah Darul Huda meliputi: Buku dan Kitab-Kitab Arab, Kertas (Potongan Kertas), Pulpen, dan Hukuman. Kemudian proses pembelajaran menggunakan metode Artikulasi antara lain: menuliskan empat kalimat Arab di dua potongan kertas, tiap kalimat memiliki nilai 25, setiap kelompok memperoleh dua potongan kertas. Lalu ketua kelompok wajib menghafal kalimat yang terdapat pada kertas tersebut, kemudian membisikkannya kepada teman di belakangnya. Lalu teman yang paling akhir mengutarakan apa yang didengarnya. Nilai yang diperoleh oleh setiap kelas cukup bagus, terlihat dari hasil yang mereka peroleh maka peneliti menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode Artikulasi cukup efektif dan dapat meningkatkan kepekaan dan kemampuan mendengar dalam bahasa Arab bagi siswa/i.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. H. Abdullah A.Rahman, MA Pembimbing II: Khairul Amri, S.Pd.I. M.Pd
Uncontrolled Keywords: METODE ARTIKULASI, BAHASA ARAB
Subjects: Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Apr 2018 02:25
Last Modified: 10 Apr 2018 02:25
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item