EFEKTIFITAS METODE KISAH PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 2 LANGSA

ANDRI , 1012011201 (2017) EFEKTIFITAS METODE KISAH PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 2 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstract

Salah satu problematika dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam disetiap sekolah Umum atau Madrasah yang mayoritas pendidikan Islamnya lebih banyak. Namun disekolah umum tidak terlepas juga proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam seperti di SMK Negeri 2 Langsa yaitu pada aspek metodologi pembelajaran, guru masih bersifat normatif, teoritis dan kognitif yang mana kurang mampu mengaitkan serta berinteraksi dengan materi-materi pelajaran yang lainnya. Antara metode, kurikulum, dan tujuan pendidikan Islam mengandung relevansi dan operasional dalam proses pembelajaran. Oleh karena proses pendidikan mengandung makna internalisasi dan transformasi nilai-nilai Islam ke dalam pribadi manusia didik sebagai upaya untuk membentuk pribadi muslim yang beriman, bertakwa, dan berilmu pengetahuan. SMK Negeri 2 Langsa adalah salah satu sekolah negeri yang selalu menanamkan jiwa disiplin kepada siswa melalui serangkaian pelaksanaan tata tertib siswa. Di antara metode yang efektif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, adalah metode Kisah. Dalam metode ini teknik yang digunakan adalah mengungkapkan peristiwa- peristiwa bersejarah yang bersumber dari Al-Qur'an dan mengandung nilai pendidikan moral, rohani, dan sosial, baik mengenai kisah yang bersifat kebaikan, maupun kezaliman, atau ketimpangan jasmani-rohani, material dan spiritual. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian bertujuan untuk mengetahui Pertama, Bagaimana efektifitas metode Kisah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Langsa. Kedua, Sejauh mana keberhasilan dalam penerapan metode Kisah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Langsa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi Disamping itu juga menyajikan data, menganalisis dan menginterpretasi, serta bersifat komperatif dan korelatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, efektifitas penerapan metode kisah pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Langsa sudah berhasil. Sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan juga menunjang minat belajar sisiwanya sendiri untuk menjadi lebih baik menjadi manusia yang beriman dan mengamalkan yang telah diperolehnya dari hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mukhlis, Lc, M.Pd.I Pembimbing II: Mustamar Iqbal Siregar
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Apr 2018 02:07
Last Modified: 10 Apr 2018 02:07
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item