EFEKTIFITAS METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) DENGAN SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA TUNARUNGU DI SMPLB NEGERI PEMBINA ACEH TAMIANG

SENTIKA, 1032012160 (2017) EFEKTIFITAS METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) DENGAN SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA TUNARUNGU DI SMPLB NEGERI PEMBINA ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
SENTIKA.1032012160.PMA.2017.pdf

Download (597Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Efektifitas Metode Maternal Reflektif (MMR) dengan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) pada Pembelajaran Matematika Siswa Tunarungu Kelas IX/B di SMPLB Negeri Pembina Aceh Tamiang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas IX SMPLB Negeri Pembina Aceh Tamiang. Waktu penelitian dimulai tanggal 6 Maret 2017 sampai tanggal 10 April 2017. Subjek yang diteliti adalah 3 orang siswa tunarungu terdiri dari 1 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keefektifan Metode Maternal Reflektif (MMR) dengan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) terhadap pembelajaran matematika siswa tunarungu kelas IX/B di SMPLB Negeri Pembina Aceh Tamiang adalah baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil observasi yang dilakukan kepada kegiatan guru selama mengajar dengan menggunakan Metode Maternal Reflektif (MMR) dengan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) diperoleh skor persentase 80%, sedangkan nilai hasil observasi dari kegiatan siswa yang menerima pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan Metode Maternal Reflektif (MMR) dengan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dilakukan kepada siswa tunarungu diperoleh skor persentase 84%. Sehingga hasil dari kegiatan guru dan siswa yang melakukan pembelajaran matematika dengan menerapkan Metode Maternal Reflektif (MMR) dengan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) diperoleh skor persentase 82%. Jadi dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Maternal Reflektif (MMR) dengan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) terhadap pembelajaran matematika siswa tunarungu kelas IX/B memiliki taraf keberhasilan dan keefektifitasan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Nurmawati, M.Pd, Ph,D Pembimbing II: Srimuliati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR),SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI),TUNARUNGU
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Apr 2018 08:15
Last Modified: 03 Apr 2018 08:15
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item