IDENTIFIKASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL SISWA MELALUI MEDIA WINDOWS GEOMETRI (WINGEOM) DI SMPN 1 MANYAK PAYED

PUTRI BALQIS, 1032012130 (2017) IDENTIFIKASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL SISWA MELALUI MEDIA WINDOWS GEOMETRI (WINGEOM) DI SMPN 1 MANYAK PAYED. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (1453Kb) | Preview

Abstract

Kecerdasan visual spasial adalah kemampuan untuk memvisualisasikan gambar, yang di dalamnya termasuk mengenal bentuk dan benda secara tepat, menggambarkan suatu hal atau benda dalam pikiran dan mengubahnya dalam bentuk nyata. Pada penelitian ini, yang menjadi topik dalam permasalahan yaitu bagaimana kecerdasan visual spasial siswa di SMPN 1 Manyak payed dan bagaimana pula mengidentifikasi kemampuan kecerdasan visual spasial tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kecerdasan visual spasial siswa melalui media wingeon di SMPN 1 Manyak Payed dengan materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Manyak Payed yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 161 dan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan cara undian. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.4 dengan jumlah siswa 26 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 3 butir soal. Hasil menunjukkan bahwa siswa kelas VIII.4 yang mampu memenuhi indikator kecerdasan visual spasial dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar sebanyak 7 siswa. Selain ke-7 yang mampu memenuhi indikator kecerdasan visual spasial, terdapat 10 siswa diantaranya 3 yang mampu mencapai 1 indikator yang dimiliki oleh tiap siswa yang berbeda dan 7 siswa yang hanya mencapai 2 indikator dengan masingmasing indikator yang berbeda pada tiap siswa serta terdapat 7 orang siswa yang mampu mencapai 3 indikator yaitu pengimajinasian, pemecahan masalah dan pengkonsepan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa setiap siswa memiliki kategori kemampuan kecerdasan visual spasial yang berbeda-beda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. H. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II: Sri Muliati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN VISUAL SPASIAL, GEOMETRI
Subjects: Matematika > Geometri
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 23 Mar 2018 02:29
Last Modified: 23 Mar 2018 02:29
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item