NUR ASIMA , 1032012113 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 1 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
NUR ASIMA.1032012113.PMA.2017.pdf Download (3841Kb) | Preview |
Abstract
Self-efficacy merupakan keyakinan diri seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam mencapai suatu tujuan berdasarkan hasil yang ditentukan. Kemampuan self-efficacy yang dimaksud dalam penelitian ini adalah keyakinan diri siswa dalam pembelajaran matematika ketika menyelesaikan masalah yang diberikan, menjawab pertanyaan, dan memberikan tanggapan. Tujuan penelitian ini yaitu (1)Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjawab soal aritmatika sosial di SMP Negeri 1 Langsa, (2)Untuk mengetahui kemampuan self-efficacy matematis siswa pada materi aritmatika sosial di SMP Negeri 1 Langsa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VII SMP Negeri 1 Langsa tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 10 (sepuluh) kelas bejumlah 360 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-c yang berjumlah 38 siswa. Adapun cara pengambilan sampel, yaitu dengan melihat jumlah persentase nilai dari masing-masing kelas dengan jumlah persentase nilai terendah untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini. Dengan demikian peneliti memberi hak yang sama kepada setiap kelas untuk memperoleh kesempatan dipilih menjadi sampel. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu (1)Jumlah persentase kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal aritmatika sosial yaitu pada soal nomor 1 sebesar 54,84% dengan kriteria rendah, soal nomor 2 sebesar 87,1% dengan kriteria tinggi, soal nomor 3 sebesar 74,19% dengan kriteria sedang, soal nomor 4 sebesar 22,58 dengan kriteria sangat rendah, dan pada soal nomor 5 sebesar 12,9% dengan kriteria sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata siswa memiliki kemampuan matematika yang baik dalam menjawab soal aritmatika sosial, (2)Nilai kemampuan self efficacy siswa berada dalam kategori tinggi dengan jumlah persentase sebesar 86,05%. Selain itu persentase dari masing-masing dimensi self efficacy yaitu magnitude sebesar 43,01%, strength 27,28%, dan generally 15,76%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa, siswa memiliki keyakinan terhadap kemampuannya untuk dapat menyelesaikan soal aritmatika sosial dengan benar. Artinya kemampuan self efficacy matematis siswa pada materi aritmatika sosial khususnya di kelas VII-c SMP Negeri 1 Langsa berkategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II: Fitriani, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN SELF EFFECACY, ARITMATIKA SOSIAL |
Subjects: | Matematika > Aritmatika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 20 Mar 2018 03:32 |
Last Modified: | 20 Mar 2018 03:32 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1211 |
Actions (login required)
View Item |