PENGARUH STRATEGI FIRING LINE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DI SMP NEGERI 11 LANGSA

MURNI KARYATI , 1032012202 (2017) PENGARUH STRATEGI FIRING LINE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DI SMP NEGERI 11 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
MURNI KARYATI.1032012202.PMA.2017.pdf

Download (1249Kb) | Preview

Abstract

Nama: Murni karyati, NIM: 1032012202, Judul Skripsi: Pengaruh Strategi Firing Line Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Di SMP Negeri 11 Langsa, Prodi: Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, (IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, 2017M/1438H), Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematik siswa meliputi kurangnya siswa dalam memahami masalah, siswa tidak terbiasa menyusun dan menyelesaikan rencana pemecahan masalah, menentukan strategi atau metode melaksanakan rencana hal ini disebabkan ketidakaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan siswa hanya mengikuti contoh yang diberikan guru tanpa mengetahui makna dari permasalahan, seperti dalam materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Saat diberikan soal siswa sulit memecahkan dan menentukan nilai x dan y dari persamaan yang diberikan dikarenakan siswa tidak memahami permasalahan, siswa tidak terbiasa menyusun rencana dalam memecahkan masalah disebabkan dalam proses pembelajaran siswa hanya mengikuti contoh yang diberikan guru tanpa menetahui makna dari permasalahan SPLDV tersebut, apalagi menentukan stategi dan taktik dalam menyelesaikan permasalahan SPLDV masih sangat rendah karena siswa tidak memahami secara benar pembelajaran sebelumnya yaitu Persamaan linear dan sistem persamaan linear satu variabel yang saling berkaitan, bahkan masih ada siswa yang menebak atau menerka-nerka penyelesaian dari permasalahan SPLDV tersebut tanpa mengecek kembali dan mempertimbangkan apakah solusinya logis atau tidak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Firing Line Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik siswa kelas VIII SMPN 11 Langsa. Strategi firing line adalah strategi aktif format gerakan cepat yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti mengukur kemampuan siswa dalam pemahaman materi untuk memecahkan permasalahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 11 Langsa yang terdiri dari 4 kelas, dan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 siswa dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis dengan uji-t. uji-t digunakan untuk mengetahui apakah variabel independen berpengaruh secara signifikan atau tidak terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelompok eksperimen dengan rata-rata 81,5 dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelompok kontrol dengan rata-rata 71,65. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 4,17 dan pada taraf signifikan sehingga dapat diperoleh yaitu 1,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi Firing Line terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I:Ariyani Muljo, M.Pd Pembimbing II:Fitriani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: FIRING LINE, MAHASISWA SISWA
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 15 Mar 2018 08:23
Last Modified: 15 Mar 2018 08:23
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item