INDAH FADILLAH, 1032011177 (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DAN PROBING-PROMPTING DI SMP NEGERI 2 KARANG BARU. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
INDAH FADILLAH.1032011177.PMA.2017.pdf Download (681Kb) | Preview |
Abstract
Metode pembelajaran brainstorming merupakan metode pembelajaran yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu orientasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, dan konklusi. Metode pembelajaran Probing Prompting merupakan sistem pembelajaran dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa sehingga siswa saling berinteraksi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Metode ini juga melatih siswa untuk bersosialisasi dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir logis dan aktivitas belajar siswa dengan metode pembelajaran Brainstorming dan Probing-Prompting di SMP Negeri 2 Karang Baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian desain randomized control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VII SMP Negeri 2 Karang Baru yang terdiri dari 6 (enam) kelas berjumlah 183 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII.4 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen II. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 5 soal dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh =4,11dan =1,67pada taraf signifikan ∝=0,05,sehingga dapat diperoleh ≥ yaitu 4,11>1,67 dan dinyatakan ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: Terdapat perbedaan yang signifikan dari kemampuan berpikir logis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dan Probing Prompting di SMP Negeri 2 Karang Baru dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming lebih tinggi daripada aktivitas siswa yang menggunakan metode pembelajaran Probing Prompting.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Jelita, M.Pd Pembimbing II: Fenny Anggreni, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | METODE BRAINSTORMING DAN PROBING-PROMPTING |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 06 Mar 2018 04:35 |
Last Modified: | 06 Mar 2018 04:35 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1197 |
Actions (login required)
View Item |