PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI PHYTAGORAS DI KELAS VIII MTs N LANGSA

ELVINDA FEYZATI, 1032012041 (2017) PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI PHYTAGORAS DI KELAS VIII MTs N LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
ELVINDA FEYZATI.pdf

Download (1885Kb) | Preview

Abstract

Kenyataan yang terjadi di lapangan menunjukan bahwa kemampuan pemahan konsep matematika khususnya pada materi Phytagoras belum menunjukan hasil yang memuaskan. Berdasarkan hasil dari observasi selama mengajar di MTs N Langsa bahwa siswa kelas VIII masih sulit memahami konsep pada materi Phytagoras sehingga mempengaruhi prestasi belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat perbandingan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran advance organizer dengan direct instruction pada materi phytagoras di kelas VIII MTs N Langsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Langsa yang berjumlah 246 siswa sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII.1 dan kelas VIII.4 berjumlah 61 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 46 butir soal. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh rata-rata validitas 0,623 tes dan reabilitas 0,69 sehingga dapat di simpulkan instrumen memenuhi syarat untuk pengumpulan data dalam penelitian ini. Data yang terkumpul dianalisiskan dengan menggunakan uji t dua kelas. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan pada taraf signifikan = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = n1 – n2 – 2 = 30 – 30 = 58 dengan kriteria jika –ttabel ≤ thitung ≤ttabel , maka Ho diterima dan Ha ditolak diperoleh thitung = 4,42 dan ttabel = 2 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahkan terdapat perbandingan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran advance organizer dengan direct instruction pada materi phytagoras di kelas VIII MTs N Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Iqbal. S.Ag. M.Pd Pembimbing II: Marzuki, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN KONSEP, ADVANCE ORGANIZER, DIRECT INSTRUCTION
Subjects: Matematika > Matematika Terapan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Mar 2018 03:03
Last Modified: 06 Mar 2018 03:03
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item View Item