PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT DI SMA NEGERI 1 RANTAU SELAMAT

ELVA HENDRIANI, 1032012037 (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT DI SMA NEGERI 1 RANTAU SELAMAT. Skripsi thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
ELVA HENDRIANI.1032012037.PMA.2017.pdf

Download (3330Kb) | Preview

Abstract

Mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi perhatian utama, dan pada kenyataannya matematika masih merupakan pelajaran yang sulit dipelajari oleh siswa bahkan merupakan pelajaran yang menakutkan bagi sebagian besar siswa, Faktor penyebabnya yaitu pemahaman matematik yang masih sangat rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika di SMA Negeri 1 Rantau Selamat, selama ini dalam proses pembelajaran sering dijumpai siswa yang pasif, Biasanya mereka hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja atau jika sedang diadakan kerja kelompok, biasanya mereka hanya mengandalkan temannya yang pandai. Terkadang ada juga siswa yang tidak ingin dan tidak bisa mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas yang diperintahkan oleh guru dengan berbagai alasan. Selain itu ada juga siswa yang belum mengerti tentang pelajaran yang diberikan oleh guru, namun malu untuk bertanya kepada guru maupun teman. Sehingga setiap guru memberikan ulangan atau PR, banyak siswa yang mencontek pada temannya yang lain. Kondisi seperti ini membuat siswa tidak mencapai pemahaman matematik yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman matematik siswa melalui Strategi Pembelajaran Point Counter Point di Sma Negeri 1 Rantau Selamat. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian pre-eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rantau Selamat tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 178 orang, kemudian diadakan pengambilan sampel dengan teknik random sampling yang dilakukan acak kelas dengan menggunakan menggunakan metode undian, maka terpilih kelas XI IPA 3 sebagai sampel dalam penelitian ini yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian sebanyak 5 butir soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan pada taraf signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Ariyani Muljo, M.Pd Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Mar 2018 02:40
Last Modified: 06 Mar 2018 02:40
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item View Item