STRATEGI KOMUNIKASI GURU DAYAH DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SANTRI PADA DAYAH ASSASUL MUNA AL-WALIYAH DI GAMPONG BEUSA MERANOE KEC. PEUREULAK

BAHRUM WAHYUDI, 3012012010 (2017) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DAYAH DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SANTRI PADA DAYAH ASSASUL MUNA AL-WALIYAH DI GAMPONG BEUSA MERANOE KEC. PEUREULAK. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
BAHRUM WAHYUDI.KPI.2017.pdf

Download (1831Kb) | Preview

Abstract

Tugas seorang guru sangat berat, sebab guru merupakan orang yang harus mengenalkan kepada santri-santrinya ilmu-ilmu yang bermanfaat dalam kehidupannya, dapat dipahami bahwa proses belajar mengajar harus dibina dan diberikan kepada santri secara sadar dan terencana sehingga santri dapat aktif untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya, guna untuk membangun motivasi santri dalam memperoleh prestasi belajar yang maksimal maka seorang guru haruslah memiliki strategi komunikasi yang jelas sebagaimana guru-guru di Dayah Assasul Muna Al-Waliyah saat ini terus berusaha dalam memotivasi belajar santrinya agar menjadi pribadi yang ta’at kepada Allah Swt, sehingga yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (a) Apa sajakah strategi komunikasi yang dilakukan guru Dayah Assasul Muna Al-Waliyah di Gampong Beusa Meurano Kec. Peureulak dalam memotivasi belajar santri. (b) Hambatan apa sajakah yang terjadi dalam memotivasi belajar santri tersebut. Dan (c) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif berupa kata-kata tertulis dan prilaku yang diamati. Sedangkan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui responden yang dianggap paling mengetahui secara mendetail dan jelas mengenai fokus permasalahan yang diteliti seperti pimpinan Dayah Assasul Muna Al-Waliyah, dewan guru serta wali murid santri serta menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Selanjutnya penelitian ini menggunkan metode analisis data model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian penulis menemukan bahwa (a) Strategi komunikasi yang dilakukan guru Dayah Assasul Muna Al-Waliyah dalam memotivasi santrinya adalah strategi komunikasi dalam penguatan materi, memberi contoh materi sesuai kejadian nyata dalam kehidupan, memberi pujian kepada santri, dan strategi komunikasi dalam memberikan sangsi/hukuman serta munculnya kesadaran diri pribadi santri untuk belajar. (b) hambatan yang terjadi secara internal prilaku santri yang beragam dan sikap santri yang pasif serta kurang perhatian terhadap materi yang disampaikan guru disebabkan metode pengajaran guru kurang bervariasi sehingga penyampaian informasi yang monoton menyebabkan kebosanan santri selanjutnya hambatan secara eksternal berupa gangguan dari suara bising kendaraan bermotor, mesin pabrik sagu dan bau kotoran dari kandang ternak ayam potong. Serta (c) guru-guru Dayah terus mencoba menemukan metode belajar yang lebih bervariasi, dan pihak Dayah berupaya mengaharapkan bantuan dari tokoh masyarakat agar membuat seperti pita kejut dibadan jalan, pabrik sagu hanya bekerja dalam satu mimggu tiga kali serta bau kotoran datang ketika ada angin yang berhembus ke arah Dayah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Asrar Mabrur Faza Pembimbing II: Yusmami, MA
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI, GURU
Subjects: Pendidikan > Pengajar/Guru
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Feb 2018 08:30
Last Modified: 27 Feb 2018 08:30
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item