EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAMA PEMBELAJARAN KOSA KATA(PENELITIAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 3 LANGSA)

RISKI NANOVA, 121100593 (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAMA PEMBELAJARAN KOSA KATA(PENELITIAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 3 LANGSA). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
1_7-PDF_SKRIPSI RIZKI NANOVA.pdf

Download (2872Kb) | Preview

Abstract

Mufradat merupakan bagian terpenting daripada kemampuan berbahasa yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Dan sebagai perantara untuk menerapkan tujuan-tujuan daripada pembentukan kemampuan dasar pembelajaran bahasa. Oleh karena itu mufradat adalah alat (instrument) untuk mengetahui makna, sebab dengan mengetahui mufradat seseorang dapat berbicara / mengungkapkan pokok pemikirannya sebaik mungkin. Dan biasanya penyerapan mufradat dalam bahasa asing itu tidak lepas dari beberapa kemahiran yakni mendengar, berbicara, kemudian membaca dan menulis. Dan SMA Negeri 3 Langsa, mereka belajar bahasa arab, diantaranya keterampilan membaca, menulis, mendengarkan dan kewajiban menghafal mufradat. Dan dari hasil observasi awal yang peneliti lakukan di sekolah tersebut, menunjukkan bahwa proses belajar mengajar bahasa arab khususnya dalam menghafal mufradat belum berjalan sebagaimana yang diinginkan. Karena hanya sebagian kecil siswa yang mampu menghafal / menginngat mufradat yang di wajibkan, dan hanya sebagian kecil siswa yang mampu memahami arti / maksud dari mufradat yang telah dipelajari. Dan adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana efektifitas penerapan metode Make a Match dalam pembelajaran mufradat? 2) Apa masalah dalam penerapan metode Make a Match dalam pembelajaran mufradat? Peneliti membuat skripsi ini menggunakan metode Eksperimen dan untuk mengumpulkan data, peneliti mengambilnya dari buku-buku yang berkaitan dengan skripsi ini pada perpustakaan. Selain mengambil dari buku – buku peneliti mengadakan observasi langsung dan wawancara secara pribadi dengan guru Bahasa Arab dan kepala sekolah. Dan juga membuat tes kepada siswa dan menyebarkan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kemampuan siswa dalam menguasai penghafalan mufradat bahasa arab dengan nilai cukup dan 2) dari hasil tes yang peneliti lakukan diperoleh bahwa kemampuan mereka menguasai makna/maksud mufradat dengan nilai cukup dan 3) setelah peneliti menerapkan metode Make a Match kemampuan siswa dalam menghafal dan menguasai makna mufradat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mursyidin AR,S.Ag,M.A Pembimbing II: M.Fadhli,M.Pd
Uncontrolled Keywords: METODE MAKE A MATCH, PEMBEALJARAN KOSA KATA
Subjects: Bahasa Arab > Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 29 Jan 2018 08:27
Last Modified: 29 Jan 2018 08:27
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item View Item