KONSEP BELAJAR DAN MENGAJAR MENURUT AL-QUR’AN KAJIAN SURAT AT-TAUBAH AYAT 122

TURASIH, 1012009023 (2016) KONSEP BELAJAR DAN MENGAJAR MENURUT AL-QUR’AN KAJIAN SURAT AT-TAUBAH AYAT 122. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
ready.pdf

Download (845Kb) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT. Yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai pedoman bagi manusia dalam menata kehidupannya, agar memperoleh kebahagiaan lahir dan bathin, dunia dan akhirat. Konsep-konsep yang dibawa Al-Qur’an selalu relevan dengan problema yang dihadapi manusia, karena Ia turun untuk berdialog dengan setiap ummat yang ditemuinya, sekaligus menawarkan pemecahan terhadap problema yang dihadapinya, kapan dan dimanapun mereka berada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep belajar dan mengajar menurut Al-Qur’an kajian surat At-Taubah ayat 122. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan desain atau pendekatan kualitatif. Didalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode dokumentasi. Tekhnik analisa data menggunakan kajian pustaka. Hasil penelitian skripsi ini adalah nilai-nilai pendidikan menurut Al-Qur’an surat At-Taubah yaitu belajar dan mengajar merupakan suatu konsep kewajiban manusia baik dalam bidang ilmu Agama maupun ilmu umum, ayat ini khususnya memberi anjuran tegas kepada ummat Islam agar ada sebagian dari ummat Islam untuk memperdalam ilmu Agama, pentingmya mencari ilmu bagi manusia serta mengamalkan ilmu tersebut, pentingnya memperdalam ilmu dan menyebarluaskan informasi yang benar. Ia tidak kurang penting dari upaya mempertahankan wilayah, hendaklah jihad itu dibagi kepada jihad bersenjata dan jihad berperang dan jihad memperdalam ilmu Agama, keduanya sangat penting dan keduanya juga saling mengisi. Perlu ditegaskan bahwa setiap saat dalam kehidupan terjadi suatu proses belajar-mengajar, baik sengaja maupun tidak sengaja, disadari atau tidak disadari. Dari proses belaja-mengajar ini akan diperoleh suatu hasil, yang pada umumnya disebut hasil pengajaran, atau dengan istilah tujuan pembelajaran atau hasil belajar. Tetapi agar memperoleh hasil yang optimal, proses belajar-mengajar harus dilakukan dengan sadar dan sengaja serta terorganisasi secara baik. Didalam proses belajar-mengajar, guru sebagai pengajar dan siswa sebagai subjek belajar, dituntut adanya profil kualifikasi tentu dalam hal pengetahuan, kemampuan, sikap dan tata nilai serta sifat-sifat pribadi, agar proses itu dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. Untuk itu, orang kemudian mengembangkan berbagai pengetahuan, misalnya psikologi pendidikan model mengajar, pengelolaan pengajaran dan ilmu-ilmu lain yang dapat menunjang proses belajar-mengajar itu. Menurut Benyamin. S. Bloom,meliputi tiga ranah matra, yaitu : matra kognitif, afektif dan psikomotorik. Masing-masing matra atau domain ini dirinci lagi menjadi beberapa jangkauan kemampuan (Level Of Competence), rincian ini dapat disebut sebagai berikut : a. Kognitif Domain : 1) Knowledge (pengetahuan, ingatan) 2) Camprehension (pemahaman, menjelaskan, meringkas, contoh) 3) Analysis (menguraikan, menentukan hubungan) 4) Syinthesis (mengorganisasikan, merencanakan, membentuk bangunan baru) 5) Evaluation (menilai) 6) Application (menerapkan). Contohnya siswa dapat menjelaskan tentang masalahmasalah penjabaran, contohnya dalam bidang mata pelajaran tertentu dan mereka dapat menjelaskan tentang suatu topik beserta pengembangannya. a) Affective Domain (sikap moral dan tingkah laku) b)Recieving (sikap menerima) c) Responding (memberikan respon) c) Valuing (nilai) d) Organization (organisasi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mahyiddin, MA Pembimbing II: H. Mukhlis, LC, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: KONSEP BELAJAR, SURAT AT-TAUBAH
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis
Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Pendidikan Islam
Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Surat - surat Tertentu
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Jan 2018 03:52
Last Modified: 18 Jan 2018 03:52
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item