SRI AYUNI , 1012011120 (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 3 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_SKRIPSI.pdf Download (166Kb) | Preview |
Abstract
Pendekatan saintifik ialah salah satu pendekatan yang digunakan dalam kurikulum 2013. Pendekatan ini merupakan pendekatan pembelajaran yang dilakukan melalui proses ilmiah dan berpusat pada siswa. Dalam proses mengajar PAI, guru PAI harus memenuhi unsur-unsur yang merupakan tahapan dalam menyampaikan materi pembelajaran sesuia dengan pendekatan saintifik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pendekatan pembelajaran saintifik berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Langsa Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah pendekatan pembelajaran saintifik berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII 5 dan VII 6 SMP Negeri 3 Langsa dengan jumlah 46 siswa dimana Kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan pendekatan pembelajaran saintifik, Kelas VII 6 sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan metode ceramah, diskusi, dan latihan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengambil data keaktifan siswa. Pengujian hipotesis dilakukan uji indenpendent t-test untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan sebelumnya menguji berdistribusi normal dan homogen data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi Normal dengan nilai signifikan untuk kelas kontrol adalah 0,096 dan untuk kelas eksperimen adalah 0,083, karena nilai p > 0,05 maka data kedua kelas tersebut normal, Sedangkan untuk uji homogenitas menunjukkan bahwa f=1,784 dan p= 0,189 karena p > 0,05 maka data kedua kelas tersebut adalah homogen, dan Uji Independent Sampel Test terlihat p < 0,05 (0,000 < 0,05), karena p < 0,05 maka tolak Ho dan terima Ha, jadi dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dalam pendekatan saintifik berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Mukhlis, Lc., M.Pd.I Pembimbing II: Nazliati, M. Ed. |
Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 08:46 |
Last Modified: | 16 Jan 2018 08:46 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1123 |
Actions (login required)
View Item |