STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 LANGSA

MIRA ZILFIA , 1012011106 (2016) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
1_7-PDF_SKRIPSI MIRA ZILFIA OK.pdf

Download (661Kb) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses pembinaan tingkah laku manusia yang mana anak harus bisa belajar berpikir, berperasaan, dan bertindak lebih sempurna dan baik daripada yang sebelumnya. Dalam mencapai tujuan tersebut, maka pendidikan harus diarahkan kepada keseluruhan aspek pribadi dan meliputi aspek jasmani, mental kerohanian maupun aspek moral. Setiap kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam akan berhadapan dengan permasalahan yang komplek misalnya, masalah peserta didik dengan berbagai latarr belakang yang ada pada peserta didik, dalam kondisi dan situasi apa ajaran itu diberikan, sarana apa yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan pendidikan agama Islam, bagaimana mengorganisasikan dan mengelola isi pembelajaran agama itu, dalam pembelajaran terkadangsiswa mengalami kebosanan, dan kurang mengerti sehingga, malas memperhatikan guru mengajar, kurang konsentrasi dan suka mengganggu teman belajar, sehingga mempengaruhi suatu hasil belajar, untuk itu guru pembelajaran PAI harus memiliki strategi-strategi yang afektif untuk meningkatkan semangat belajar siswa yang kemudian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan pertanyaan di atas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam SMA Negeri 4 Langsa dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Islam? 2) Apa-apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru pendidikan agama Islam SMA Negeri 4 Langsa dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam? Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam SMA Negeri 4 Langsa dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Islam, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru pendidikan agama Islam SMA Negeri 4 Langsa dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam. Adapun metodologi yang penulis gunakan yaitu adalah metode kualittif, yang diperoleh dari penelitian lapangan (field research), untuk memecahkan masalah yang dihadapi penulis menggunakam pendekatan kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi lapangan untuk mengetahui jawaban dari permasalahan yang akan diselesaikan. Adapun dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa strategi guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 4 Langsa yaitu dengan merencanakan strategi pembelajaran PAI, strategi pelaksanaan pembelajaran PAI dalam proses belajar mengajar biasanya menggunakan metode ceramah, namun sesekali menerapkan strategi kooperatif yaitu belajar kelompok dan permainan seperti lembar bola salju atau dikenal dengan snowball throwing strategi ini untuk menghilangkan kebosanan siswa, dan juga sesekali membuat diskusi agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Melaksanakan evaluasi untuk melihat hasil belajar siswa. Sedangkan faktor pendukung yaitu guru, dan adanya sarana dan prasarana, faktor penghambat: perbedaan basic sekolah sebelum masuk ke SMA Negeri 4 Langsa, pengaruh dari luar dan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dra. Hj. Purnamawati, M.Pd Pembimbing II: Muhaini, MA
Uncontrolled Keywords: STRATEGI GURU, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Pengajar/Guru
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 16 Jan 2018 02:27
Last Modified: 16 Jan 2018 02:27
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item View Item