INDAH PRATIWI , 111005488 (2016) PENGARUH BELAJAR MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PAI DI STAIN ZAWIYAH COT KALA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
ready.pdf Download (510Kb) | Preview |
Abstract
Kemandirian dalam belajar merupakan keharusan dalam pendidikan saat ini. Kemandirian belajar dalam diri mahasiswa dipengaruhi oleh motivasi pada diri mereka sendiri. Motivasi untuk belajar akan semakin besar jika mereka tahu tujuan belajar. Pada jenjang pendidikan tinggi mahasiswa diberi kebebasan dan keleluasaan dalam berpikir, bereksperimen, dan berkreativitas. Kebebasan ini akan membuat mahasiswa lebih aktif dalam belajar mandiri. Hal ini menunjukkan mahasiswa yang memiliki hasil belajar yang baik harus melakukan belajar mandiri agar dapat mendukung aktivitas belajar secara terstuktur sehingga berdampak pada hasil belajar yang memuaskan. Sebaliknya bila mahasiswa memiliki hasil belajar yang buruk mengindikasikan bahwa tidak adanya kemandirian belajar pada diri mahasiswa. Berdasarkan dari latar belakang tersebut maka dalam penelitian ini penulis mengajukan judul “pengaruh belajar mandiri terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa”. Adapun rumusan masalahnya adalah Bagaimana pengaruh belajar mandiri terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa?, Faktor apa saja yang menjadi penghambat hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa?, Bagaimana kiat-kiat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar mandiri terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, untuk mengetahui faktor-faktor penghambat hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, serta untuk mengetahui kiat-kiat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah angket dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti melakukan langkah-langkah berupa mereduksi data, menyajikan data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah Adanya pengaruh belajar mandiri terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Faktor-faktor yang menjadi penghambat hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, diantaranya: tidak adanya motivasi intrinsik, dukungan dari lingkungan, sikap acuh, strategi mengajar dosen yang kurang menyenangkan, hingga kurikulum Perguruan Tinggi yang menurut mahasiswa susah terlaksana dengan baik menjadi penghambat dalam proses belajar, Kiat-kiat dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam di STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa diantaranya: menumbuhkan minat, mengetahui bakat diri, motivasi yang kuat, lingkungan belajar yang mendukung, sarana dan prasarana yang memadai, mengetahui tujuan belajar, persiapan belajar, rencana kegiatan belajar, disiplin, serta mengetahui kerja otak menjadi cara untuk meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dra. Hj. Purnamawati Pembimbing II: H. Mukhlis, Lc. M. PdI |
Uncontrolled Keywords: | BELAJAR MANDIRI, MAHASISWA |
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 01:56 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 01:56 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1108 |
Actions (login required)
View Item |