FATIMAH ZAHARA, 1012011007 (2016) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFINGGERS DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 JULOK. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
ready.pdf Download (604Kb) | Preview |
Abstract
Model trefinggers adalah suatu model yang berupaya untuk mengajak siswa berpikir kreatif dalam memecahkan masalah dalam proses pembelajaran. Dalam penerapannya, model trefinggers ini berfokus pada dua aspek yaitu kognitif dan afektif yang kedua aspek tersebut menunjukkan saling hubungan dan ketergantungan dalam mendorong belajar kreatif. Penggunaan model trefinggers akan mendorong siswa lebih terbuka terhadap pemahaman materi pembelajaran. Rasa ingin tahu dan berani mengambil resiko sangat dituntut dalam proses pembelajaran model trefinggers ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran trefinggers dalam meningkatkan kreativitas siswa terhadap pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Julok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan. Sedangkan teknik penelitian yang penulis gunakan yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapaun hasil yang diperoleh dari penelitian yang penulis lakukan adalah penggunaan model trefinggers mempunyai tingkat efektivitas yang signifikan terhadap keberhasilan belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dan tes terhadap guru dan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Julok menyatakan bahwa keefektifan model trefinggers menunjukkan sangat perlu untuk diterapkan. Hasil tes juga menyatakan bahwa siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan model trefinggers mencapai nilai 75% pada saat pre-test dan 85% pada saat post-test. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan 85% - 75% = 10% dari hasil test dengan menggunakan model trefinggers. Hal ini mendukung minat, prestasi dan keaktifan siswa dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat diperoleh sesuai dengan apa yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Ahmad Fauzi, M.Ag Pembimbing II: Mustamar Iqbal Siregar, MA |
Uncontrolled Keywords: | TREDINGGERS, SISWA |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 02:48 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 02:48 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1107 |
Actions (login required)
View Item |