BURHANUDDIN, 1012011130 (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MANYAK PAYED. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_SKRIPSI.pdf Download (180Kb) | Preview |
Abstract
Pembiasaan pada proses pendidikan anak sangatlah penting, khususnya dalam pembentukan pribadi dan akhlak. Pembiasaan agama akan memasukkan unsurunsur positif pada pertumbuhan anak. Semakin banyak pengalaman agama yang didapat anak melalui pembiasaan, maka semakin banyak unsur agama dalam pribadinya dan semakin mudahlah ia memahami ajaran agama, dan pada akhir akan menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini ialah Bagaimana implementasi metode pembiasaan pembelajaran PAI dalam membentuk karakter siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Manyak Payed?, Kendala apa saja yang dihadapi guru dalam Implementasi metode pembiasaan dalam pembelajaran PAI?, Faktor penunjang apa saja yang dalam implementasi metode pembelajaran PAI?. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan implementasi metode pembiasaan pembelajaran PAI dalam membentuk karakter siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Manyak Payed, untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dihadapi guru dalam Implementasi metode pembiasaan pembelajaran PAI dalam membentuk karakter siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Manyak Payed, untuk mengetahui faktor penunjang apa saja implementasi metode pembelajaran PAI dalam membentuk karakter siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Manyak Payed. Metodologi penelitian yang digunakan penulis untuk menelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang berusaha mendeskripsikan, menjelaskan, memaparkan, dan menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta, sifat dan hubungan antara fenomena yang diteliti. Implementasi metode pembiasaan pada pembelajaran PAI dalam membentuk karakter yang dilakasanakan di SMA Negeri 1 Manyak Payed antara lain dalam bidang: Pertama Akhlak seperti: Pembiasaan mengucapkan salam dan menjawab salam, pembiasan dalam adab, pembiasaan dalam disiplin, pembiasaan hidup sehat dan bersih. Kedua Ibadah seperi pembiasaan berdo’a, pembiasaan shalat berjamaah, dan pembiasaan memabaca/ menghafal Al-quran (ayat-ayat pendek). Kendala yang dihadapi guru dalam implementasi metode pembiasaan pada pembelajaran PAI antara lain: kurangnya kesadaran siswa/i, kurangnya dukungan dari orang tua siswa/i, kurangnya sarana dan prasana, lingkungan dan pengaruh Teknologi. Faktor penunjang dalam implementasi metode pembiasaan pada pembelajaran PAI seperti memperingati hari besar Islam, bulan ramadhan, melakukan pengawasan, dan guru yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Legiman, M. Ag Pembimbing II: Andhika Jaya Putra, MA |
Uncontrolled Keywords: | METODE PEMBELAJARAN, KARAKTER SISWA |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 12 Jan 2018 03:47 |
Last Modified: | 12 Jan 2018 03:47 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1104 |
Actions (login required)
View Item |