AMINAH, 1012009071 (2015) HUBUNGAN RIWAYAT PENDIDIKAN DAN KARAKTERISTIK SISWA DENGAN PERILAKU DI LINGKUNGAN SEKOLAH MAS GAMPONG TEUNGOH LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_SKRIPSI AMINAH.pdf Download (121Kb) | Preview |
Abstract
Pada dasarnya riwayat pendidikan seorang siswa akan berpengaruh pada karakter/perilakunya ketika dalam lingkungan sekolah yang baru. Namun tidak bisa dihindari bahwa latar belakang pendidikan formal seorang siswa mempunyai hubungan kuat terhadap pendidikannya yang baru. Ada yang berlatarbelakang pendidikan agama (MTs) adapula yang berlatarbelakang pendidikan umum (SMP/SLTP). Seorang yang mendapatkan pendidikan melalui sekolah agama akan mempunyai sikap dan tingkah laku dan dasar-dasar agama yang kuat dibandingkan siswa sekolah menengah pertama lainnya. Dari hasil penjajakan awal yang peneliti lakukan pada MAS Gampong Teungoh Langsa diketahui bahwa riwayat pendidikan dan karakteristik siswa dengan perilaku dilingkungan sekolah sangat erat hubungannya. Hal ini diduga karena apabila riwayat pendidikan kurang bagus maka disimpulkan bahwa karakteristik siswa tersebut kurang bagus dan tidak bisa beradaptasi dengan baik dengan lingkungan sekolahnya. Dugaan tersebut berdasarkan pernyataan beberapa siswa yang menyatakan bahwa mereka cenderung berperilaku kurang baik disebabkan dulu ketika masih di SD dan SMP atau dijenjang sekolah yang lebih rendah terbiasa melakukan apa saja tanpa ada yang memperdulikannya. Terdapat dua rumusan permasalahan dalam penelitian ini, yakni: bagaimana hubungan antara riwayat pendidikan dan karakteristik siswa dengan perilaku di Lingkungan sekolah MAS Gampong Teungoh Langsa? bagaimana cara sekolah mengatasi permasalahan perilaku di lingkungan sekolah MAS Gampong Teungoh Langsa? Dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Adapun sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tiga teknik antara lain observasi, wawancara dan angket. Untuk menganalisis angket peneliti menggunakan rumus Pearson Product Moment (r). Selanjutnya diperkuat dari hasil observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara riwayat pendidikan dan karakteristik siswa dengan perilaku di lingkungan MAS Gampong Teungoh Langsa, artinya antara riwayat pendidikan dan karakter terdapat hubungan yang mempunyai arti penting dengan perilaku siswa di MAS Gampong Teungoh. Hal ini dibuktikan pada indeks korelasi (hubungan) variabel X dan Y bahwasannya nilai r (0,625), artinya hubungan antara riwayat pendidikan dan karakteristik siswa dengan perilaku di lingkungan sekolah MAS Gampong Teungoh Langsa termasuk pada golongan yang tinggi, 2) Dalam mengatasi permasalahan perilaku siswa di lingkungan sekolah MAS Gampong Teungoh Langsa pihak sekolah MAS Gampong Teungoh Langsa melakukan tiga cara, yaitu: Pertama, ditangani oleh guru atau wali kelas dengan cara; menasehati, memberi bimbingan dan memberikan hukuman tertentu sesuai dengan kesalahan yang dibuat siswa. Kedua, ditangani oleh Bidang Kesiswaan setelah berkonsultasi dengan kepala sekolah dengan cara memberikan hukuman fisik atau scor dan memberi surat panggilan kepada orang tua. Ketiga, ditangani oleh ahli hukum/pihak yang berwajib melalui kesepakatan dan kerjasama sekolah serta orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Mohd. Nasir, MA Pembimbing II: Yaser Amri, MA |
Uncontrolled Keywords: | PERILAKU SISWA |
Subjects: | Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 04:24 |
Last Modified: | 11 Jan 2018 04:24 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1103 |
Actions (login required)
View Item |