AGUS SALIM , 1012010060 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
ready.pdf Download (611Kb) | Preview |
Abstract
Akhlak merupakan tingkah laku manusia yang timbul tanpa ada paksaan yang merupakan kepribadiannya, kemudian memberikan nilai kepada perbuatan tersebut, apakah tergolong baik atau buruk. Dalam membentuk akhlak yang mulia terhadap anak haruslah dengan usaha memahami terlebih dahulu kepribadian/karakter serta penanaman nilai moral yang melalui usaha pendidikan. Untuk itu, setiap pendidik dan orang tua dalam mendidik anak harus menggunkan metode yang tepat, sehingga dapat membentuk sikap dan perilaku yang diharapkan. Akhlak merupakan sikap atau prilaku manusia yang terdidik untuk membantu manusia bersosialisasi sebagaimana manusia merupakan makhluk sosial. Lingkungan sekolah juga dianggap tempat yang sangat penting dalam mempengaruhi seorang anak dalam membentuk pribadinya. Bila lingkungan sekolah banyak memberikan pengaruh positif sedikit banyak maka hal tersebut juga dapat mempengaruhi anak. Demikian juga sebaiknya jika sekolah terdapat siswa yang berakhlak kurang baik, hal tersebut juga membeikan pengaruh kurang baik kepada siswa. Proses pembinaan akhlakul karimah yang diberikan oleh pendidik dan orang tua sangat cocok berpedoman kepada tata cara Luqman mendidik anaknya yaitu pendidikan keimanan, ketakwaan, dan pendidikan akhlakul karimah. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian bertujuan untuk mengetahui Pertama, Bagaimana pendapat para Mufassirin tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam surat Luqman ayat 12-19. Kedua, Apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surat Luqman ayat 12-19. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis deskriptif, penelitian ini menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat dengan melakukan penelitian kepustakaan (library research), yaitu suatu penelitian dengan teknik pengumpulan data melalui menelaah buku-buku. Adapun data yang paling utama digunakan dalam penelitian ini adalah Tafsir Al-Quran, Tafsir Al-Misbah, Tafsir Ibn Katsir dan Terjemahan Al-Quran lainnya yangt berkaitan dengan pembahasan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan, para Mufassirin barpendapat bahwa nilainilai pendidikan dalam surat Luqman mengandung banyak pelajaran yang mengajarkan tentang pendidikan terhadap anak, namun para Mufassirin terjadi perbedaan pendapat tentang siapa Luqman tersebut ada yang mengatakan dia seorang Nabi dan ada juga yang berpendapat dia adalah seorang ahli hikmah. Adapun nilai- nilai pendidikan yang terdapat dalam surat Luqman berupa pendidikan agama yang mencakup aqidah, ibadah, dan akhlak yang harus diikuti oleh pendidik dan orang tua dalam mendidik anaknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Mahyiddin, MA Pembimbing II: Muchlis, Lc. M.pd.I |
Uncontrolled Keywords: | NILAI PENDIDIKAN, SURAT AL-LUQMAN |
Subjects: | Hukum Islam > Alquran dan Hadis Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Ilmu-ilmu Alquran Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Ilmu-ilmu Alquran > Kandungan Al-Qur'an Pendidikan > Pendidikan Islam Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Surat - surat Tertentu |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 03:44 |
Last Modified: | 11 Jan 2018 03:44 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1101 |
Actions (login required)
View Item |