SAFURA , 1012011077 (2016) PENGARUH PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA DALAM BELAJAR DI KELAS (Studi Kasus di MAN Kuala Simpang). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_Skripsi Safura.pdf Download (154Kb) | Preview |
Abstract
Pendidikan Aqidah Akhlak merupakan salah satu bidang studi agama yang menduduki peranan penting dalam pendidikan. Aqidah Akhlak diajarkan bukan hanya untuk mengetahui dan memahami apa yang terkandung dan apa yang ada di dalam pelajaran aqidah akhlak itu sendiri. Tetapi aqidah akhlak diajarkan pada dasarnya bertujuan untuk menjadikan para siswa berilmu pengetahuan, beraqidah dan berakhlak mulia. Sehingga tergambarkan sejauhmana perilaku siswa dalam belajar di kelas terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak. Oleh sebab itu pendidikan aqidah akhlak bertujuan untuk menumbuhkan pola tingkah laku siswa yang bulat melalui latihan kejiwaan, kecerdasan, penalaran, perasaan dan indera. Pendidikan Aqidah Akhlak dengan tujuan semacam itu harus melayani pertumbuhan siswa dalam segala aspeknya, baik aspek spiritual, intelektual, imajinasi, jasmaniah, ilmiah maupun bahasa. Pendidikan Aqidah Akhlak harus mendorong semua aspek tersebut ke arah keutamaan serta pencapaian kesempurnaan hidup berdasarkan nilai-nilai Islam. Dalam uraian latar belakang di atas, maka penulis dapat membuat rumusan masalah sebagai acuan dalam penelitian sebagai berikut: adakah pengaruh pendidikan Aqidah Akhlak terhadap perilaku siswa dalam belajar di kelas dan seberapa besar pengaruh pendidikan Aqidah Akhlak terhadap perilaku siswa dalam belajar di kelas ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh pendidikan Aqidah Akhlak terhadap perilaku siswa dalam belajar di kelas dan untuk mengetahui tingkat besarnya pengaruh pendidikan Aqidah Akhlak terhadap perilaku siswa dalam belajar di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana teknik pengumpulan data akan dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Sedangkan pada analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi person product moment uji rxy. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana yang didasarkan atas analisis data dengan menggunakan program SPSS versi 16. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain: Terdapat pengaruh antara pendidikan Aqidah Akhlak terhadap perilaku siswa dalam belajar di kelas. Adapun bersarnya pengaruh antara pendidikan Aqidah Akhlak terhadap perilaku siswa dalam belajar di kelas pada MAN Kuala Simpang adalah sebesar 60,3 %, sedangkan sisanya, yaitu 37,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi fokus dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil perhitungan uji F maka diperoleh nilai Fhit sebesar 17,1831 dengan signifikansi sebesar 0.00026 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha di terima yang berarti terdapat pengaruh secara simultan variabel pendidikan Aqidah Akhlak (X) terhadap perilaku siswa dalam belajar di kelas (Y).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. Junaidi, M.Ed, MA Pembimbing II: Syamsiah Z, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | PENDIDIKAN, AQIDAH AKHLAK, PERILAKU SISWA |
Subjects: | Hukum Islam > Aqidah Islam Hukum Islam > Akhlak Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 08:02 |
Last Modified: | 10 Jan 2018 08:02 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |