M. IKHSAN RITONGA , 1012012090 (2016) PEMANFAATAN MEDIAAUDIO-VISUALDALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 3 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_Skripsi M. Ikhsan Ritonga S. Pd. I.pdf Download (1004Kb) | Preview |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman dan IPTEK, pada pelaksanaan materi tentang tata cara pengurusan jenazah dapat diambil pemanfaatan pembelajarannya dengan pemanfaatan media audio-visual yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Langsa pada materi tata cara pengurusan jenazah siswa yang belum mencapai nilai KKM. Maka, bentuk media audio-visual, bagaimana proses pemanfaatan, serta bagaimana hasil pada materi tata cara pengurusan jenazah di SMA Negeri 3 Langsa? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk media audio-visual, proses pemanfaatan, serta hasil belajar siswa yang digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata cara pengurusan jenazah di SMA Negeri 3 Langsa. Adapun dalam metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari siklus I dan II dengan isi subtansi dari siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis data, terdiri atas gabungan antara analisis data deskriptif kualitatif dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dapat meningkat dengan analisis kuantitatif berupa hasil tes akhir dari pra-tindakan, siklus I dan II. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa, peneliti dalam mengambil pemanfaatan media audiovisual terhadap dua siklus berbeda. Pada siklus I, bentuk media audio-visual bersifat semi. Materi tata cara pengurusan jenazah ditampilkan dalam bentuk slide power point melalui komputer dengan penglihatan melalui tayangan OHP, dan pendengaran materi melalui suara guru sendiri. Sedangkan pada siklus II, bentuk media audio-visual mutlak dari teknologi melalui video tata cara pengurusan jenazah. Pada proses kegiatan pembelajaran pada siklus I, pembelajaran mulai membaik dikarenakan siswa tidak merasa jenuh dan pembelajaran bersifat menyenangkan walaupun hasil belajar siswa belum meningkat dikarenakan penjelasan materi dari guru masih sukar dipahami. Sedangkan pada siklus II, dengan langsung melihat dan mendengar tata cara pengurusan jenazah melalui video, pembelajaran sudah membaik serta hasil belajar siswa sudah meningkat secara keseluruhan dikarenakan penjelasan dan penglihatan siswa terhadap video tata cara pengurusan jenazah sudah dipahami. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa dengan pemanfaatan media audio-visual pada materi pengurusan jenazah di SMA Negeri 3 Langsa yaitu nilai rata-rata dari pra tindakan, siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pada kegiatan pra tindakan ialah mencapai 56.38. Nilai rata-rata dari hasil tes siklus I adalah 72.50, sedangkan nilai rata-rata dari hasil tes siklus II adalah 83.88. Presentase keberhasilan siswa dalam pra tindakan, siklus I maupun siklus II juga selalu mengalami peningkatan. Pada pra tindakan siswa yang tuntas sebesar 19.34 %, dalam siklus I meningkat menjadi 38.88 %, dan dalam siklus II kembali meningkat menjadi 72.22 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. Zainuddin, MA Pembimbing II: Junaidi, M. Pd. I |
Uncontrolled Keywords: | MEDIA AUDIO-VISUAL |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 06:50 |
Last Modified: | 10 Jan 2018 06:50 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1091 |
Actions (login required)
View Item |