PENGARUH LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MA ULUMUL QUR’AN

FAKHRUR RAHMAN , 1012012034 (2016) PENGARUH LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MA ULUMUL QUR’AN. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (816Kb) | Preview

Abstract

Semangat dan motivasi siswa-siswi untuk belajar dan membahas tentang suatu tema sangatlah tinggi. hal ini terlihat dari antusias siswa-siswi berkunjung ke perpustakaan. Para guru juga mengarahkan siswa untuk memanfaatkan pustaka sebagai sarana untuk diskusi dan membahas topik-topik yang kekinian. Sehingga walaupun mereka berada di lingkungan asrama. Namun informasi dan perkembangan dunia luar juga dapat diketahui. melihat semangat kegiatan siswa di perpustakaan MA Ulumul Qur’an Langsa dan semangat para guru yang membimbing dan mengarahkan siswa untuk menggunakan pustaka sebagai sarana diskusi dan belajar, membuat rasa ingin tahu peneliti tentang kegiatan siswa diperpustakaan juga bertambah, sehingga peneliti ingin membuat kajian lebih lanjut dalam sebuah kajian ilmiah mengenai seberapa besar perpustakaan sekolah memiliki peran terhadap hasil belajar siswa dengan judul Pengaruh Layanan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MA Ulumul Qur’an Langsa. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan perpustakaan sekolah dan adakah pengaruh layanan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa di MA Ulumul Qur’an Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif yang sifatnya adalah deskriptif analisis dengan menggunakan cara,antara lain: observasi, dokumenter, dan interview serta kuisioner. Dengan keempat metode tersebut diharapkan dapat memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian tentang Pengaruh Layanan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MA Ulumul Qur’an Langsa. Adapun hasil penelitian di dalam penelitian ini yaitu : Layanan perpustakaan sekolah di MA Ulumul Qur’an Langsa bersifat terbuka kepada setiap siswa yang ingin berkunjung dan menikmati koleksi yang disediakan oleh pihak perpustakaan yaitu memberikan kebebasan untuk memilih buku yang mereka butuhkan untuk diskusi maupun membaca berupa ruang khusus baca dan diskusi. Sedangkan koleksi perpustakaan yang dapat dipinjam, pihak perpustakaan memberikan tempat khusus berupa rak-rak yang didalamnya telah diletakkan buku-buku sesuai dengan tema dan topiknya serta memberikan denda kepada setiap siswa yang melanggar. Ada pengaruh antara layanan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar di MA Ulumul Qur’an Langsa sebesar 66 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. H. M. Yunus Ibrahim, M.Pd Pembimbing II: Fitriani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: LAYANAN PERPUSTAKAAN, HASIL BELAJAR
Subjects: Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Jan 2018 03:39
Last Modified: 10 Jan 2018 03:39
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item