KONSEP PENDIDIKAN MENURUT KIAI HAJI AHMAD DAHLAN

DESI WARZANI, 1012011131 (2016) KONSEP PENDIDIKAN MENURUT KIAI HAJI AHMAD DAHLAN. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
1_7-PDF_skripsi full desi warzani.pdf

Download (248Kb) | Preview

Abstract

Keadaan masyarakat Islam pada permulaan abad ke-20 tidak boleh dikatakan memuaskan. Keadaan tersebut merupakan hasil dari dari paduan sikap pemerintahan Hindia Belanda yang tidak mendorong majunya agama Islam ditambah keadaan kejiawaan dalam masyarakat kita sendiri yang masih jauh dari yang diinginkan menurut ajaran agama Islam itu sendiri.Bahkan agama islam tidak menjamin ke arah kemajuan, sebaliknya mewakili suatu masyarakat bangsa yang masih kekurangan, serba tertutup, serba kekerdilan dan kebodohan. Amatlah besar pengaruh pendidikan demi kelangsungan hidup suatu bangsa, maka pelaksanaannya perlu diratakan dalam arti penyebaran pelayanan pendidikan dan peningkatan secara kaulitatif maupun kuantitaf. Menurut Kiai Haji Ahmad Dahlan, upaya strategis untuk menyelamatkan umat Islam dari pola berfikir yang statis menuju pada pemikiran yang dinamis adalah melalui pendidikan. Pendidikan yang dimaksud oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan adalah pendidikan yang berorientasai pada pendidikan modern, yaitu dengan menggunakan sistem klasikal, disini menggabungkan sistem pendidikan Belanda dengan sistem pendidikan tradisional, bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan menurut Kiai Haji Ahmad Dahlan dan untuk mengetahui relevansi dan aktualisasi Kiai Haji Ahmad Dahlan tentang pendidikan.Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis kritis. Adapun jenis penelitian adalah studi kepustakaaan (library reseach). Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan analisa datanya menggunakan analisis isi (kontent analisis) untuk membuat deskripsi tentang suatu keadaan obyektif. Ide-ide yang di kemukakan Kiai Haji Ahmad Dahlan dengan konsepnya telah membawa pembaruan dalam bidang pembentukan lembaga pendidikan yang semula bersistem pesantren menjadi sistem klasikal, dimana dalam pendidikan klasikal tersebut dimasukkan pelajaran umum kedalam pendidikan madrasah. Kiai Haji Ahmad Dahlan juga mengembangkan program pendidikan agama untuk masyarakat umum,baik dilakukan melalui pengajian-pengajian maupun kursuskursus yang lebih formal. Dalam pendidikan terdapat juga pendidikan bagi anakanak dan bagi orang dewasa. Pendidikan anak-anak Kiai Haji Ahmad Dahlan tidak hanya mendirikan sekolah-sekolah umum saja tetapi beliau juga mendirikan panti asuhan. Pembaharuan yang dilakukan oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan dengan konsep yang ditawarkannya sangatlah relevan dengan dunia pendidikan sekarang. Hal ini dibuktikan dalam tujuan pendidikan itu sendiri yang sejalan dengan pendidikan sekarang yaitu menjadikan manusi alebih maju dengan menguasai ilmu agama dan ilmu umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. H. Mohd Nasir, MA Pembimbing II: Mulyadi, MA
Uncontrolled Keywords: KONSEP PENDIDIKAN
Subjects: Pendidikan > Analisis Pendidikan
Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 08 Jan 2018 08:10
Last Modified: 08 Jan 2018 08:10
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1085

Actions (login required)

View Item View Item