PENGARUH FREKUENSI MEMBACA AL-QUR'AN TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH 'ULUMUL QUR'AN LANGSA

DARA FIKRIYANTI, 121000499 (2015) PENGARUH FREKUENSI MEMBACA AL-QUR'AN TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH 'ULUMUL QUR'AN LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (1558Kb) | Preview

Abstract

Alqur'an adalah kitab suci yang diturunkan Allah swt kepada nabi Muhammad SAW. Alquran merupakan pedoman hidup bagi umat muslim. Sesungguhnya Al-Quran ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar. Madrasah 'Ulumul Qur'an Langsa merupakan salah satu sekolah islam yang menerapkan kegiatan membaca Al qur'an. Selain itu Madrasah 'Ulumul Qur'an Langsa juga menerapkan pembelajaran Qira'ah pada teks-teks Arab dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu diwajibkan kepada siswa untuk mampu menguasainya, sehingga mereka tidak salah membaca teks-teks arab. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh frekuensi membaca Al qur'an terhadap kemahiran membaca teks arab dan bagaimana kemampuan siswa terhadap membaca teks arab. Peneliti membuat skripsi ini menggunakan Metode Analisis Deskriptif dan untuk mengumpulkan data, peneliti mengambil dari buku-buku yang berkaitan dengan skripsi ini. Selain mengambil dari buku-buku, peneliti mengadakan observasi langsung dan melakukan wawancara dengan guru bahasa arab, dan memberi tes Qira'ah kepada siswi kelas dua di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur'an Langsa. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut bahwa kegiatan membaca alqur'an di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur'an berjalan baik sehingga memberi pengaruh terhadap kemahiran membaca teks-teks arab. Hasil untuk kelas dua Madrasah Tsanawiyah 'Ulumul Qur'an yaitu bagus, 90,9% siswa mampu membaca teks arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: MursyidinAR, S.Ag, M.A Pembimbing II: M. Fadli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: AL-QUR'AN, MEMBACA
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Aug 2017 07:51
Last Modified: 03 Aug 2017 07:51
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item