SIDIQ PRAMANA USMANI, 120700241 (2015) KEMAMPUAN SISWA DALAM MENERAPKAN AMIL NASIKAH DALAM INSYA' DI DAYAH SABILUL ULUM TUALANG CUT. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (336Kb) | Preview |
Abstract
Belajar Isnya’ adalah belajar kemahiran menulis, yang ukuran keberhasilanya dalam belajar bahasa setealah belajar kemahiran kemahiran bahasa yang lainnya yaitu mendengar, berbicara dan menulis. Tujuan belajar isnya adalah menjadikan siswa memiliki kemampuan dalam merangkai tulisan yang bagus dan memiiki kemampuan sehingga pembelajaran itu berjalan efektif. Berdasarkan tujuan dan pentingnya pengajaran isnya’ dan tata bahasa, maka dayah sabilul ulum tualang cut yang merupakan salah satu dayah yang ada di kota tualang cut dan mengajarkan bahasa arab didalamnya setingkat tsanawiyah dan aliyah dan menjadikan insya’ sebagai salah satu materi yang wajib di pelajarai oleh siswa disana. Dari observasi peneliti di dayah dan wawancara dengan beberapa orang siswa dan guru peneliti mendapatkan keterangan awal, yaitu sebagaimana dikatakan oleh muhammad kamil, walaupun kami telah belajar tata bahasa arab selam setahun akan tetapi kebanyakan dari kami tidak dapat menulis dengan tata bahasa yang baik, sebahagian dari kami ada yang salah dalam menulis namun sebahagian dari kami juga ada yang mampu, kebanyakan dari kami mampu menulis dengan tata bahasa yang benar. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ilmiah dengan judul, ”Kemampuan siswa dalam menerapkan amil nasikhah dalam isnya’ di Dayah Sabilul Ulum Tualang Cut. Adapun rumusan msalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana proses belajar mengajar amil nasikhah di Dayah Sabilul Ulum Tualang Cut? 2) bagaimana kemampuan siswa memahami amil nasikhah di Dayah Sabilul Ulum Tualang Cut? 3) bagaimana kemampuan siswa dalam insya’ dengan menerapkan amilnasikah diDayah Sabilul Ulum Tualang Cut? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriftif analisis, dan untuk mengumpulkan data peneliti menelaah kitab kitab yang berhubungan dengan skripsi ini di perpustakaan. Peneliti juga menggunakan obsetvasi dan wawncara dengan guru bahasa arab serta melakukan tes kepada siswa tentang pemahaman amil nasikhah di Dayah Sabilul Ulum Tualang Cut. Adapun hasil penelitian ini, peneliti ringkas sebagai berikut : 1) proses belajar mengajar dengan menyiapkan langkah langkah pembelajaran (RPP) tata bahasa yaitu amil nasikhah. Kemudian guru memberikan motivasi kepada siswa ل sebelum proses belajar mengajar dimulai. Metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar amil nasikhah adalah metode deduktif, induktif, diskusi dan membaca. Adapaun media yang digunakan oleh guru dalam mengajar amil nasikhah yaitu buku tulis, papan tulis, kamus, dan kitab kitab yang berhubungan dengan materi. 2) peneliti mendapatkan bahwa rata rata dari kemampuan siswa dalam memahami amil nasikhah di Dayah Sabilul Ulum Tualang Cut yaitu 79,16. Oleh karena itu kemampuan siswa dalam hal memahami amil nasikhah tergolong dalam katagori bagus. 3) adapun rata rata kemampuan siswa dalam insya’ dengan menerapkan amil nasikhah diDayah Sabilul Ulum Tualang Cut yaitu 66,25 masuk dalam katagori cukup dengan rata rata 60-70, dan jumlah mereka ada 16 siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Mohd, Nasir, MA Pembimbing II :Hatta Sabri.M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | AMIL NASIKAH |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 04:04 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 04:04 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/926 |
Actions (login required)
View Item |