EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 LANGSA

ELI KAPRI, 1012011089 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (140Kb) | Preview

Abstract

Media audio-visual merupakan media yang sangat penting untuk diperhatikan untuk mendukung proses pembelajaran, karena media audio-visual sangat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan di kelas. Media audio-visual merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan, dengan harapan proses komunikasi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima secara utuh oleh siswa sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggunaan media audio-visual akan mempermudah siswa dalam menerima dan memahami pelajaran, sehingga hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana efektifitas penggunaan media audio-visual terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan di SMA Negeri 1 Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang berusaha membuat deskripsi atau gambaran dari fenomena yang diselidiki dengan cara membuat kesimpulan berdasarkan data-data yang diperoleh selama penelitian. Sedangkan teknik penelitian yang penulis gunakan yaitu observasi, wawancara dan ujian materi pelajaran berbentuk pilihan ganda serta dokumentasi. Adapaun hasil yang diperoleh dari penelitian yang penulis lakukan adalah penggunaan media audio-visual mempunyai tingkat efektivitas yang signifikan terhadap keberhasilan belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil jawaban siswa kelas X di SMA Negeri 1 Langsa dengan rata-rata 89% nilai pembelajaran salat fardu. Dan hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa menyukai dan termotivasi ketika proses pembelajaran menggunakan media audio-visual berbentuk VCD, karena menurut hasil wawancara siswa menyebutkan bahwa media VCD dapat mempermudah mereka dalam memahami pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA AUDIO VISUAL, PRESTASI SISWA
Subjects: Pendidikan > Metode Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 20 Dec 2016 03:52
Last Modified: 20 Dec 2016 03:52
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item View Item