PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI SMP NEGERI 4 MANYAK PAYED KABUPATEN ACEH TAMIANG

NURHADISAH, 131000610 (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI SMP NEGERI 4 MANYAK PAYED KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
7-PDF_1_Nurhadisah.pdf

Download (1058Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan tekhnologi yang menuntut guru untuk lebih kreatif dalam pembelajaran, sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan efektif dan efesien. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian guna mencapai motivasi yang maksimal dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle. Strategi crossword puzzle merupakan suatu prosedur pembelajaran berbentuk game berbentuk kotak-kotak persegi yang tersusun secara mendatar dan menurun yang tersedia secara berkesinambungan sampai seluruh kotak terisi penuh yang dihubungkan dengan motivasi belajar siswa pada materi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa dan bagaimana aktivitas belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan strategi crossword puzzle dan pembelajaran yang tanpa menggunakan strategi crossword puzzle pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 4 Mayak Payed.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian True Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 80 orang yang terdiri dari 3 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara acak (sample random sampling), sehingga terpilih kelas VIIc sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIa sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi yang telah divalidasi kepada beberapa orang ahli. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: thitung = 6,46 dan ttabel = 1,6638 dengan taraf signifikan = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan Terdapat pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada materi bilangan bulat di SMP Negeri 4 Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang, dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada materi bilangan bulat di SMP Negeri 4 Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang dari setiap pertemuan semangkin menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Nuraida, M.Pd pembimbing II: Ariyani Muljo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Nov 2016 02:47
Last Modified: 30 Nov 2016 02:47
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item