Efektivitas Metode Mnemonik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Terpadu Langsa

Erika Oktavia, 1022019004 (2024) Efektivitas Metode Mnemonik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Terpadu Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
cover skripsi,abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa arab di mts terpadu langsa cukup diminati oleh siswa, tetapi ketika siswa menemukan kesulitan dalam belajar, semangat siswa langsung menurun dan kurang berantusias , terlebih ketika harus menghafal atau mengingat kosakata bahasa arab. Oleh karena itu, peneliti mencoba melakukan eksperimen untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode mnemonik lebih efektif daripada pembelajaran bahasa arab tanpa menggunakan metode mnemonik terhadap pembelajaran bahasa arab khususnya pada penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas VIII3 MTs terpadu langsa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model desain quasi eksperimen one group pretest-posttest design. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok penelitian yang diukur sebelum dan sesudah perlakuan. Populasi penelitian ini adalah sekuruh siswa kelas VIII3 di mts terpadu langsa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan pretest dan posttest berupa tes. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan bantuan SPSS yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa arab pada saat sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari nilai pretest dan posttest. Peneliti menggunakan uji hipotesisb dengan menggunakan uji-t sehinghga diperoleh hasil ( -21,000) dan tingkat signifikansi sig. 0,000 ∝0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) “ditolak” dan hipotesis ilmiah (Ha) “diterima”. Artinya terdapat peningkatan penggunaan metode mnemonik dalam pembelajaran bahasa arab . dan metode mnemonik dalam pembelajaran bahasa arab “efektif”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Burhanuddin Sihotang, M.A Pembimbing II: Dr. Hatta Shabri, M.A
Uncontrolled Keywords: efektivitas, metode mnemonik, kosakata bahasa arab.
Subjects: Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 19 Feb 2025 04:14
Last Modified: 19 Feb 2025 04:14
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4313

Actions (login required)

View Item View Item