Kahirun Nisa, 1022020007 (2024) Optimalisasi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Media Kahoot Di MTsN 1 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
A. SKRIPSI BENAR. nisa.pdf Download (3MB) |
Abstract
evaluasi pembelajaran Bahasa Arab adalah proses sistematis yang dilakukan untuk mengukur, menganalisis, dan menilai efektivitas serta hasil dari kegiatan pembelajaran Bahasa Arab. Evaluasi pembelajaran Bahasa Arab dapat dilakukan dengan penggunaan alat bantu evaluasi berbasis teknologi, seperti Kahoot. adapun permasalahan disini adalah Mtsn 1 langsa adalah sekolah yang telah menggunakan dan memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar. Selain itu sekolah ini juga memiliki kelas digital Dimana proses pembelajaran menggunakan laptop,handphone,proyektor dan jaringan internet, namun pada kegiatan evaluasi pembelajaran Bahasa arab belum pernah mengunakan apk Kahoot, hal ini dapat menjadi saran yang bagus untuk penambahan media berbasis teknologi berupa apk atau web untuk memudahkan guru dalam menilai dan menyenangkan bagi siswa, karena Kahoot adalah media yang interaktif dan kreatif. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses optimalisasi evaluasi pembelajaran Bahasa arab dengan menggunakan media Kahoot di MTsN 1 Langsa (2) untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan evaluasi pembelajaran Bahasa arab dengan menggunakan media Kahoot. (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap evaluasi pembelajaran Bahasa arab dengan menggunakan Kahoot. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan data melalui hasil observasi wawancara dan angket. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa media Kahoot dapat digunakan sebaga media evaluasi Kahoot menawarkan banyak kelebihan sebagai media evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan fitur-fitur interaktif, fleksibilitas dalam penyusunan soal, serta kemampuan untuk memberikan umpan balik dan data evaluasi secara real-time, Kahoot dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, serta memberikan guru alat yang efisien untuk mengevaluasi dan memantau kemajuan siswa. Namun, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan pada kahoot, karena Kahoot bisa menjadi alat yang sangat berguna dalam evaluasi pembelajaran bahasa Arab, jika digunakan dengan bijaksana dan dilengkapi dengan metode evaluasi lain yang lebih mendalam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. M. Fadli, M.Pd Pembimbing II: Rahmatunnisak, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi pembelajaran bahasa arab, media kahoot |
Subjects: | Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 03:32 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:32 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4284 |
Actions (login required)
View Item |