Dian Ali, 4012020044 (2024) Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Dan Cicil Emas Di Bank Syariah Indonesia(Bsi) (Studi Kasus Bsi Kcp Idi Rayeuk 2). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
DIAN ALI(1) (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Sebagian besar masyarakat di Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur berdasarkan hasil observasi masih minim pengetahuan tentang produk gadai emas dan cicil emas yang ditawarkan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Idi Rayeuk 2. Masyarakat masih mengetahui adanya produk gadai emas hanya ada pada lembaga seperti Pegadaian. Terdapat juga Persaingan dari lembaga keuangan lain yang menawarkan produk serupa juga menjadi tantangan bagi BSI KCP Idi Rayeuk 2 dalam menarik dan mempertahankan nasabah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran produk gadai emas dan cicil emas BSI KCP Idi Rayeuk 2 serta kendala yang dihadapinya dalam menjalankan pemasaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Idi Rayeuk 2 berhasil mempertahankan dan meningkatkan minat nasabah dalam menggunakan produk gadai dan cicil emas melalui penerapan strategi marketing mix yang terdiri dari 7 elemen strategi pemasaran melalui produk (product), harga (price), tempat (plice), promosi (promotion), people, bukti fisik (phisical evidence), dan proses (proces). BSI KCP Idi Rayeuk 2 berhasil memperkenalkan produk gadai dan cicil emas sehingga nasabah dapat mengadai dan mencicil emas dengan fokus pada membangun kepercayaan dan memperkenalkan keunggulan produk kepada masyarakat. Penetapan harga yang transparan, lokasi strategis, promosi yang beragam, pelayanan nasabah yang ramah, fasilitas fisik yang lengkap, dan proses layanan yang mudah merupakan elemen-elemen kunci yang mendukung penggunaan produk gadai dan cicil emas oleh nasabah. Bank Syariah Indonesia KCP Idi Rayeuk 2 menghadapi persaingan harga dan tenor serupa dalam pemasaran produk gadai dan cicil emas. Solusi yang diambil adalah meningkatkan pemahaman nasabah tentang keunggulan produk serta menekankan keamanan penyimpanan emas untuk membangun kepercayaan dan loyalitas nasabah di tengah persaingan pasar yang ketat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Cahayu Astina, S.E, M.Si Pembimbing II:Rifyal Dahlawy Chalil, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pemasaran, Produk Gadai dan Cicil Emas |
Subjects: | Muamalat > Gadai |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 03:40 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 03:40 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4231 |
Actions (login required)
View Item |