Yudistira Ismayunita, 1022014043 (2022) Efektifitas Penggunaan Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Maharah Kalam Siswa di MTsN 1 Aceh Tamiang. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
SKRIPSI YUDISTIRA ISMAYUNITA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang memerlukan usaha, latihan dan ketekunan. Keterampilan ini hanya dapat dimiliki dengan latihan yang bersungguh-sungguh. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap proses pembelajaran bahasa Arab di MTsN 1 Aceh Tamiang, peneliti menemukan bahwa kemampuan siswa terhadap pelajaran bahasa Arab disekolah tersebut rendah. Salah satu penyebabnya adalah pelajaran bahasa Arab selalu dianggap sulit dan membosankan, bahkan siswa tidak memperhatikan pelajaran, dan ini mempengaruhi kemampuan mereka dalam mempelajari keterampilan berbicara. Untuk itu, pembelajaran bahasa arab di sekolah MTsN 1 Aceh Tamiang membutuhkan adanya peningkatan untuk memberikan ketertarikan pada siswa dalam pembelajaran Kalam. Maka di pilihlah media pembelajaran “Pop Up Book” untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap keterampilan berbicara di sekolah ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media “Pop Up Book” pada pembelajaran kalam di MTsN 1 Aceh Tamiang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Instrument dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa MTs Terpadu Langsa yang terdiridari 5 kelas dengan jumlah seluruh siswa 155 siswa. Dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2.1 dengan jumlah 33 siswa. Dan hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan Media Pop Up Book di MTsN 1 Aceh Tamiang berjalan dengan baik. Dan penerapan Media Pop Up Book dalam pembelajaran keterampilan berbicara sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan hitungan statistic menggunakan aplikasi SPSS 16 bahwa nilai postest rata-rata siswa 73,54, peneliti percaya bahwa hasil dari T- Test adalah -25,94 dengan nilai signifikan (0.000) < (0,05).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : M. Fadli, M.Pd Pembimbing II: Fuji Astuti, MA |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran “Pop Up Book”, Keterampilan Berbicar |
Subjects: | Bahasa Arab Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 27 May 2024 04:06 |
Last Modified: | 27 May 2024 04:07 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4075 |
Actions (login required)
View Item |