Implementasi Islamic Math Character Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 6 Langsa

Radiah, 1032015052 (2021) Implementasi Islamic Math Character Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 6 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI RADIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan zaman dan teknologi, pendidikan di indonesia saat ini sangat membutuhkan perhatian. Permasalahan pendidikan sudah merambah di semua sektor pendidikan salah satu diantaranya adalah rusaknya karakter anak bangsa.Oleh karena itu perlu adanya suatu perubahan dalam bidang pendidikan yang diharapkan mampu menjadi solusi dari permasalahan-permasalahan tersebut.Pendidikan berkarakter Islami merupakan jawaban dari permasalahan pendidikan di Indonesia. Karakter islami merupakan pola perilaku seseorang yang sejalan atau tidak bertentangan dengan Al-Quran. Karakter Islami akan meningkatkan kualitas seorang individu untuk menjadi sebaik-baik manusia Dalam hal ini, Islamic Math Character dipandang sebagai paradigma baru dalam pembelajaran matematika yang diharapkan dapat mewujudkan pembelajaran matematika yang bermakna dan hasil belajar siswa yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan implementasi Islamic math character pembelajaran matematika pada materi perbandingan di SMPN 6 Langsa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan soal-soal mengenai materi Perbandingan terhadap pembelajaran matematika dengan mengimplementasikan Islamic math character yang berjumlah 5 butir soal berbentuk uraian. Sedangkan observasi dilakukan untuk mengamati karakter siswa di kelas selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai posttest siswa mendapatkan persentase 81,6% dan dikategorikan sangat baik. Nilai rata-rata karakter siswa yang diperoleh dari lembar observasi siswa adalah 88,6% termasuk dalam kategori sangat baik. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berimplimentasiislamic math character efektif untuk meningkatkan nilai-nilai karakter siswa pada siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Fenny Anggreni, M.Pd Pembimbing II: Faisal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Karakter, Pembelajaran Matematika, Perkembangan Zaman
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:33
Last Modified: 20 Mar 2024 06:33
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item View Item