Penerapan Model Pembelajaran Time Token dalam Pembelajaran Kalam (Studi Eksperimen di MA Ulumul Qur'an Langsa)

Desia Lutfi Dwi Mukti, 1022014005 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Time Token dalam Pembelajaran Kalam (Studi Eksperimen di MA Ulumul Qur'an Langsa). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
-DESIA LUTFI DWI MUKTI. 1022014005. PBA. 2023-1-20.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maharah kalam adalah salah satu dari empat maharah dalam pembelajaran Bahasa Arab. Maharah kalam menjadi penting karena dengan dapat berbicara dengan baik menggunakan Bahasa selain Bahasa ibu kita, itu artinya kita sudah dapat memahami dan menguasai Bahasa tersebut. Akan tetapi banyak kesulitan yang dihadapi siswa dalam mempelajari maharah kalam, contohnya, siswa merasa takut untuk berbicara dengan Bahasa arab karena takut salah dan juga karena malu.maka dari itu penulis menawarkan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kalam siswa di MAS Ulumul Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kalam di MAS Ulumul Qur’an dengan penerapan model pembelajaran Time Token dan apakah model pembelajaran Time Token ini efektif dalam meningkatkan kemampuan kalam siswa di MAS Ulumul Qur’an. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di MAS Ulumul Qur’an yang berjumlah 192 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI MIA3 yang berjumlah 18 orang. Hasil wawancara dengan peserta didik menunjukkan bahwa dengan menggunkan model pembelajaran tersebut menjadi tertuntut untuk berbicara di depan kelas sehingga mau tidak mau harus berani. Dan hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat peningkatan hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran kalam yang ditunjukkan dari hasil Uji T yaitu 8,875 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pada hasil pembelajaran kalam yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran Time Token.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Burhanuddin Sihotang, MA Pembimbing II: Fuji Astuti, MA
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kalam, Time Token
Subjects: Bahasa Arab > Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 01 Sep 2023 09:43
Last Modified: 01 Sep 2023 09:43
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3777

Actions (login required)

View Item View Item