Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa di MIN 2 Aceh Tamiang

Aninda Nur Zuhra, 1052015001 (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa di MIN 2 Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
ANINDA NUR ZUHRA. 1052015001. PGMI. 2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Matematika diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar agar dapat berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif sehingga siswa mampu mengembangkan kemampuan kognitifnya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis faktor metode Principal Components Analysis (PCA) yang bertujuanuntukmengetahui faktor yang dominan hasil belajar kognitif siswa di MIN 2 Aceh Tamiang. Dalam penelitian ini ada 4 variabel yang digunakan yaitu metode guru dalam mengajar, pengaruh teman sebaya, motivasi dan minat. Sampel penelitian berjumlah 30 orang siswa dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui angket tertutup dengan jumlah soal sebanyak 20 soal. Datadianalisismenggunakan analisis faktor dengan bantuan SPSS versi 20.Dari hasil penelitian diperoleh dua variabel yang memiliki nilai eigenvalue yang terbesar yaitu metode guru dalam mengajar 1,85 dan pengaruh teman sebaya 1,1. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu metode guru dalam belajar dan pengaruh teman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jelita, M.Pd Pembimbing II: Nina Rahayu, M.Pd
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kognitif, matematika.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Jul 2023 05:13
Last Modified: 27 Jul 2023 05:13
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3714

Actions (login required)

View Item View Item