Aninda Nur Zuhra, 1052015001 (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa di MIN 2 Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
ANINDA NUR ZUHRA. 1052015001. PGMI. 2019.pdf Download (2MB) |
Abstract
Matematika diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar agar dapat berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif sehingga siswa mampu mengembangkan kemampuan kognitifnya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis faktor metode Principal Components Analysis (PCA) yang bertujuanuntukmengetahui faktor yang dominan hasil belajar kognitif siswa di MIN 2 Aceh Tamiang. Dalam penelitian ini ada 4 variabel yang digunakan yaitu metode guru dalam mengajar, pengaruh teman sebaya, motivasi dan minat. Sampel penelitian berjumlah 30 orang siswa dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui angket tertutup dengan jumlah soal sebanyak 20 soal. Datadianalisismenggunakan analisis faktor dengan bantuan SPSS versi 20.Dari hasil penelitian diperoleh dua variabel yang memiliki nilai eigenvalue yang terbesar yaitu metode guru dalam mengajar 1,85 dan pengaruh teman sebaya 1,1. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu metode guru dalam belajar dan pengaruh teman
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Jelita, M.Pd Pembimbing II: Nina Rahayu, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, kognitif, matematika. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 05:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 05:13 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3714 |
Actions (login required)
View Item |