Riyanti, 1032018001 (2023) Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII MTs Teladan Gebang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
RIYANTI. 1032018001. PMA. 2023.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendekatan Open-Ended adalah pembelajaran yang menyajikan suatu permasalahan yang memiliki metode atau penyelesaian yang benar lebih dari satu. Berpikir kreatif adalah suatu pemikiranayang berusaha menciptakan gagasan yang baru. Kemampuan berpikir kreatif matematis juga dikenal sebagaiakemampuan menemukan dan menyelesaikan masalah matematika yang meliputi komponen�komponen: kelancaran, kelenturan, keaslianadan elaborasi. Penilaian terhadap kemampuan kreatif siswa dalam matematika penting untuk dilakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTs Teladan Gebang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun desain yang digunakan quasi eksperimen dengan menggunakan bentuk Desain One Group Pretest Posttest. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Teladan Gebang. Sampel yang di gunakan dalam peneltian ini dengan menggunakan teknik random sampling, dengan menggunakan teknik random sampling terpilihlah kelas VIII-1 sebanyak 30 siswa MTs Teladan Gebang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berbentuk uraian sebanyak 3 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTs Teladan Gebang. Dengan nilai rata-rata sebelum (pretest) adalah 56.833dan setelah (posttest) adalah 86.167.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Mazlan, M.Si Pembimbing II: Srimuliati, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Open-ended, Berpikir Kreatif, SPLDV |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 08:01 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 08:01 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3684 |
Actions (login required)
View Item |